Sitanggang, Devi Oktaviani (2023) Pengaruh Media Video Berbasis Kinemaster Terhadap Hasil belajar Sejarah. dikelas X Akuntansi SMK N 1 Rantau Utara T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3173121010_Cover.pdf
Download (59kB)
3173121010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (716kB)
3173121010_Abstrak.pdf
Download (156kB)
3173121010_Kata_Pengantar.pdf
Download (960kB)
3173121010_Daftar_Isi.pdf
Download (816kB)
3173121010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
3173121010_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
3173121010_Daftar_Gambar.pdf
Download (236kB)
3173121010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
3173121010_BAB_I.pdf
Download (409kB)
3173121010_BAB_V.pdf
Download (490kB)
3173121010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (175kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah yang diajarkan dengan menggunakan media vidio berbasis kinemaster pada siswa kelas X - AK 1 SMK Negeri 1 Rantau Utara T.P 2022/2023. Populusi peneitian ini adalah seluruh kelas X Akuntansi mulai dari X Akuntansi 1 sampai X Akuntansi 6 yang berjumlah 300 siswa, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi 1 (kelas eksperimen) dan kelas X Akuntansi 2 (kelas control). Metode penelitian yang digunakan adalah adalah quais eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes beljar pilihan berganda yang berjumlah 30 butir soal.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media VideoKinemaster terhadap hasil belajats sejarah dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 77 dengan simpangan baku 11,34, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 71,5 dengan simpangan baku 10,6. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus Uji Persial (Uji t). Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh bahwa �ℎi���g > ������ 2.398 > 0,329. Dengan kata lain hipotesis diterima. Interaksi media video kinemaster terhadap hasil belajar dikelas eksperimen �ℎi���g > ������ yaitu 2,126 > 0,329 dan interaksi media powerpoin terhadap hasil belajar dikelas kontrol sebesar �ℎi���g > ������ 0,581 > 0,329.
Dengan adanya hasil analisa data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan positif, yaitu ada pengaruh yang signifikan antara media video kinemaster terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Rantau Utara T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Video Kinemaster, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56856 |