Bancin, Nilakarmila (2015) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7111142011 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 7111142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM. 7111142011 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM 7111142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 7111142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 7111142011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM 7111142011 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 7111142011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 7111142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. NIM 7111142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 7111142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya keterampilan dasar mengajar guru dan minat belajar siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Sibolga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan dasar mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Sibolga.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sibolga yang beralamat Jl. Dr. Ferdinand L. Tobing No. 33 Sibolga dengan mengambil sampel sebanyak 70 siswa dengan menggunakan total sampel (total sampling). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dokumentasi dan kuesioner, 25 soal untuk keterampilan dasar mengajar guru terdapat 17 soal yang valid, dan 25 soal untuk minat belajar siswa dimana terdapat 17 soal yang valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk keterampilan dasar mengajar guru adalah r_hitung 0,817 dan r_tabel 0,361 maka r_hitung>r_tabel dan untuk minat belajar siswa adalah r_hitung 0,836 dan r_tabel 0,361 maka r_hitung>r_tabel .
Hasil yang diperoleh dari penelitian setelah uji t untuk keterampilan dasar mengajar guru adalah adalah t_hitung 4,324 dan t_tabel 1,99 maka t_hitung>t_tabel dengan signifikan 0,000 < 0,05. Dan uji t untuk minat belajar siswa adalah adalah t_hitung 5,098 dan t_tabel 1,99 maka t_hitung>t_tabel, dengan signifikan 0,000 <0,05. Hasil yang diperoleh dari penelitian setelah uji F adalah adalah Fhitung 35,069 dan Ftabel 3,13 maka Fhitung>Ftabel. Dengan signifikan 0,000 <0,05. Hal ini berarti secara simultan dapat disimpulkan bahwa H_aditerima yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sibolga.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan dasar mengajar guru dan minat belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sibolga T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 P.AKT 001 |
Keywords: | Keterampilan Dasar Mengajar Guru; Minat Belajar; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 07:39 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5685 |