Situmorang, Mirna Wanty (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 SAIPAR DOLOK HOLE. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173121029_Cover.pdf
Download (60kB)
4173121029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (723kB)
4173121029_Abstrak.pdf
Download (197kB)
4173121029_Kata_Pengantar.pdf
Download (973kB)
4173121029_Daftar_Isi.pdf
Download (64kB)
4173121029_Daftar_Tabel.pdf
Download (69kB)
4173121029_Daftar_Gambar.pdf
Download (61kB)
4173121029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
4173121029_BAB_I.pdf
Download (198kB)
4173121029_BAB_V.pdf
Download (61kB)
4173121029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (78kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes berbentuk essay berjumlah 10 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil belajar siswa diukur melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 30,17 dan pada kelas kontrol sebesar 26,33. Uji t dua pihak yang dilakukan memperoleh �ℎ����� < ������ = 1,750 < 2,002 dengan ∝= 0,05, disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Pada akhir pembelajaran dilakukan post-test dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,60 dan kelas kontrol sebesar 74,30. Uji t satu pihak yang dilakukan memperoleh hasil �ℎ����� > ������ = 2,895 > 1,671 dengan ∝= 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan menggunakan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:23 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56840 |