PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 SAIPAR DOLOK HOLE

Situmorang, Mirna Wanty (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 1 SAIPAR DOLOK HOLE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173121029_Cover.pdf] Text
4173121029_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4173121029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173121029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of 4173121029_Abstrak.pdf] Text
4173121029_Abstrak.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 4173121029_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173121029_Kata_Pengantar.pdf

Download (973kB)
[thumbnail of 4173121029_Daftar_Isi.pdf] Text
4173121029_Daftar_Isi.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4173121029_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173121029_Daftar_Tabel.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4173121029_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173121029_Daftar_Gambar.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4173121029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173121029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4173121029_BAB_I.pdf] Text
4173121029_BAB_I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4173121029_BAB_V.pdf] Text
4173121029_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4173121029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173121029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 30 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes berbentuk essay berjumlah 10 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil belajar siswa diukur melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 30,17 dan pada kelas kontrol sebesar 26,33. Uji t dua pihak yang dilakukan memperoleh �ℎ����� < ������ = 1,750 < 2,002 dengan ∝= 0,05, disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Pada akhir pembelajaran dilakukan post-test dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,60 dan kelas kontrol sebesar 74,30. Uji t satu pihak yang dilakukan memperoleh hasil �ℎ����� > ������ = 2,895 > 1,671 dengan ∝= 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan menggunakan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Usaha dan Energi di kelas X SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Usaha dan Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 May 2024 06:23
Last Modified: 15 May 2024 06:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56840

Actions (login required)

View Item
View Item