Situmorang, Justhin Andrew (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK YPK MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 7113142029 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7113142029 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
4. NIM. 7113142029 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 7113142029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7113142029 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7113142029 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7113142029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 7113142029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM 7113142029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM 7113142029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Open Ended dengan Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa akuntansi kelas XI SMK YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dengan Discovery Learning pada siswa akuntansi kelas XI SMK YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YPK Medan dengan populasi yang terdiri dari seluruh kelas XI Akuntansi yang berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian.Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa berupa tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 item soal, setiap soal memiliki 5 pilihan jawaban (a, b, c, d, e) dimana soal yang dijawab benar diberi skor 1 dan soal yang dijawab salah diberi skor 0. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dengan menggunakan uji F, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) alpha 0,05.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test siswa kelas eksperimen I = 86,05 dengan standar deviasi = 10,91 dan nilai rata-rata post test siswa kelas eksperimen II = 73,82 dengan standar deviasi = 10,87. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar = 4,889 sedangkan ttabel sebesar = 1,893 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan = 95% dengan dk = 74 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 4,889 > 1,893. Hipotesis diterima apabila thitung > ttabel . Sehingga dari hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
Dengan demikian berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dengan Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa akuntansi kelas XI SMK YPK Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 P.AKT 006 |
Keywords: | Problem Open Ended; Discovery Learning; Model Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 07:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5684 |