PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP ILMIAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI SMA NEGERI 1 BERINGIN T.P 2022/2023

Simanjorang, Miranda (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP ILMIAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI SMA NEGERI 1 BERINGIN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191141025_Cover.pdf] Text
4191141025_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4191141025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191141025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of 4191141025_Abstrak.pdf] Text
4191141025_Abstrak.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4191141025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191141025_Kata_Pengantar.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4191141025_Daftar_Isi.pdf] Text
4191141025_Daftar_Isi.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4191141025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191141025_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4191141025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191141025_Daftar_Gambar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4191141025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191141025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4191141025_BAB_I.pdf] Text
4191141025_BAB_I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4191141025_BAB_V.pdf] Text
4191141025_BAB_V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4191141025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191141025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia di SMA Negeri 1 Beringin T.P 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pre-test dan post-test, angket respon sikap ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel berjumlah 56 siswa. Penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin dan non tes (angket) untuk mengetahui perbedaan sikap ilmiah siswa kelas XI MIA Negeri 1 Beringin pada materi Sistem Pencernaan. Hasil penelitian ini pada nilai signifikansi yaitu 0,000< 0,05 pada variabel kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Inkuiri di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin dan nilai signifikansi yaitu 0,010< 0,05 pada variabel sikap ilmiah siswa dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan sikap ilmiah siswa menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Inkuiri di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Beringin. Berdasarkan rata-rata(mean) hasil belajar kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model Inkuiri adalah 70,21. Sedangkan rata- rata(mean) hasil belajar untuk kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model PBL adalah 77,50. Pada Sikap Ilmiah siswa didapatkan Pada kelas Inkuiri memiliki rata rata nilai sebesar 65,13 sedangkan pada kelas PBL memiliki rata rata sebesar 71,31 menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas PBL lebih tinggi di bandingkan kelas Inkuiri. Sehingga dapat di simpulkan bahwa Ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap ilmiah siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem pencernaan makanan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Inkuiri, Problem Based Learning, Sikap Ilmiah, Sistem Pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 May 2024 06:16
Last Modified: 15 May 2024 06:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56839

Actions (login required)

View Item
View Item