PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Nainggolan, Anri Parsaulian (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111067_Cover.pdf] Text
4193111067_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4193111067_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111067_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4193111067_Abstrak.pdf] Text
4193111067_Abstrak.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4193111067_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111067_Kata_Pengantar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4193111067_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111067_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4193111067_BAB_I.pdf] Text
4193111067_BAB_I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4193111067_BAB_V.pdf] Text
4193111067_BAB_V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4193111067_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111067_Daftar_Pustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan non tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan observasi untuk mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil observasi awal yaitu tes kemampuan awal siswa, hanya 6 siswa atau 17,64% yang memenuhi KKM dengan rata-rata nilai tes awal 50,00 yang tergolong sangat rendah. Pada siklus I, jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat dari 6 siswa menjadi 16 siswa atau 27,64% menjadi 47,05%. Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis I juga meningkat dari 50,00 menjadi 67,69. Pada siklus II, diperoleh jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat 16 siswa menjadi 29 siswa atau 47,05% menjadi 85,30%. Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis II juga meningkat dari 67,69 menjadi 81,32. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus II dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan sehingga dapat dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dan beberap penelitian yang relevan, disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Nai p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Pemecahan masalah matematis; Soal cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2024 05:05
Last Modified: 15 May 2024 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56830

Actions (login required)

View Item
View Item