Brahmana, Alneta Angelia (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SONGKET MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111026_Cover.pdf
Download (206kB)
4193111026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (899kB)
4193111026_Abstrak.pdf
Download (207kB)
4193111026_Kata_Pengantar.pdf
Download (257kB)
4193111026_Daftar_Isi.pdf
Download (811kB)
4193111026_BAB_I.pdf
Download (438kB)
4193111026_BAB_V.pdf
Download (204kB)
4193111026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (214kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku elektronik dengan pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika pada songket Melayu Deli untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas IX-1 UPT. SMPN 17 Medan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar angket respon, dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dengan pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika pada songket Melayu Deli berdasarkan penilaian para ahli mendapatkan skor rata-rata 4,6 atau 92% pada validasi materi dan 4,15 atau 83% pada validasi media sehingga memenuhi kriteria valid. Berdasarkan respon guru dan siswa diperoleh skor rata-rata 4,73 atau 94% dari respon guru dan 4,16 atau 83,2% dari respon siswa sehingga memenuhi kriteria praktis. Selanjutnya berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa, diperoleh persentase ketuntasan sebesar 86,6%. Hal ini juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal berada pada kategori tuntas. Selain itu, bahan ajar yang dikembangkan terbukti mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,4 yang berada pada kategori sedang sehingga bahan ajar dikatakan efektif. Hasil penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang layak untuk digunakan siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Bra p |
Keywords: | Bahan ajar; Etnomatematika; Hasil belajar; Matematika realistik; Songket Melayu Deli |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 May 2024 04:20 |
Last Modified: | 15 May 2024 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56816 |