PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SONGKET MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Brahmana, Alneta Angelia (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SONGKET MELAYU DELI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111026_Cover.pdf] Text
4193111026_Cover.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4193111026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of 4193111026_Abstrak.pdf] Text
4193111026_Abstrak.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4193111026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111026_Kata_Pengantar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4193111026_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111026_Daftar_Isi.pdf

Download (811kB)
[thumbnail of 4193111026_BAB_I.pdf] Text
4193111026_BAB_I.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 4193111026_BAB_V.pdf] Text
4193111026_BAB_V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4193111026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku elektronik dengan pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika pada songket Melayu Deli untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek siswa kelas IX-1 UPT. SMPN 17 Medan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar angket respon, dan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dengan pendekatan matematika realistik berbasis etnomatematika pada songket Melayu Deli berdasarkan penilaian para ahli mendapatkan skor rata-rata 4,6 atau 92% pada validasi materi dan 4,15 atau 83% pada validasi media sehingga memenuhi kriteria valid. Berdasarkan respon guru dan siswa diperoleh skor rata-rata 4,73 atau 94% dari respon guru dan 4,16 atau 83,2% dari respon siswa sehingga memenuhi kriteria praktis. Selanjutnya berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa, diperoleh persentase ketuntasan sebesar 86,6%. Hal ini juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal berada pada kategori tuntas. Selain itu, bahan ajar yang dikembangkan terbukti mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,4 yang berada pada kategori sedang sehingga bahan ajar dikatakan efektif. Hasil penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang layak untuk digunakan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Bra p
Keywords: Bahan ajar; Etnomatematika; Hasil belajar; Matematika realistik; Songket Melayu Deli
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2024 04:20
Last Modified: 15 May 2024 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56816

Actions (login required)

View Item
View Item