ANALYSIS OF STUDENT’S MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY IN THE IMPLEMENTATION OF THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN SMP NEGERI 35 MEDAN

Simanjuntak, T. Asima Sulys (2023) ANALYSIS OF STUDENT’S MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY IN THE IMPLEMENTATION OF THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111054_Cover.pdf] Text
4193111054_Cover.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4193111054_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111054_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 4193111054_Abstrak.pdf] Text
4193111054_Abstrak.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4193111054_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111054_Kata_Pengantar.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4193111054_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111054_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4193111054_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111054_Daftar_Gambar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4193111054_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111054_Daftar_Tabel.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4193111054_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111054_Daftar_Lampiran.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4193111054_BAB_I.pdf] Text
4193111054_BAB_I.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of 4193111054_BAB_V.pdf] Text
4193111054_BAB_V.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4193111054_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111054_Daftar_Pustaka.pdf

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiigsaw, dan menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 35 Medan tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan subyek dalam penelitian ini didasarkan pada teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes diagnostik, tes kemampuan komunikasi matematis siswa, dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 35 Medan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jiigsaw menunjukkan bahwa dari 30 siswa ditemukan jumlah siswa dengan kategori penilaian kurang baik berjumlah 6 siswa (20%), siswa dengan kategori cukup baik berjumlah 4 siswa (13,33%), siswa dengan kategori baik berjumlah 12 siswa (40%), dan siswa dengan kategori penilaian sangat baik berjumlah 8 siswa (26,67%). (2) Kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 35 Medan dalam kemampuan komunikasi matematis kurang baik yaitu mengalami kesulitan dengan fakta, prinsip, dan konsep. Siswa yang kemampuan komunikasi matematisnya cukup baik mengalami kesulitan dalam fakta, konsep dan operasi. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis yang baik mengalami kesulitan dalam fakta dan operasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Komunikasi; Pembelajaran kooperatif; Kesulitan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 15 May 2024 03:45
Last Modified: 15 May 2024 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56805

Actions (login required)

View Item
View Item