Simanjuntak, T. Asima Sulys (2023) ANALYSIS OF STUDENT’S MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY IN THE IMPLEMENTATION OF THE JIGSAW TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL IN SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111054_Cover.pdf
Download (306kB)
4193111054_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (530kB)
4193111054_Abstrak.pdf
Download (190kB)
4193111054_Kata_Pengantar.pdf
Download (160kB)
4193111054_Daftar_Isi.pdf
Download (176kB)
4193111054_Daftar_Gambar.pdf
Download (144kB)
4193111054_Daftar_Tabel.pdf
Download (116kB)
4193111054_Daftar_Lampiran.pdf
Download (141kB)
4193111054_BAB_I.pdf
Download (753kB)
4193111054_BAB_V.pdf
Download (451kB)
4193111054_Daftar_Pustaka.pdf
Download (495kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiigsaw, dan menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah komunikasi matematis setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jiigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 35 Medan tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan subyek dalam penelitian ini didasarkan pada teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes diagnostik, tes kemampuan komunikasi matematis siswa, dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 35 Medan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jiigsaw menunjukkan bahwa dari 30 siswa ditemukan jumlah siswa dengan kategori penilaian kurang baik berjumlah 6 siswa (20%), siswa dengan kategori cukup baik berjumlah 4 siswa (13,33%), siswa dengan kategori baik berjumlah 12 siswa (40%), dan siswa dengan kategori penilaian sangat baik berjumlah 8 siswa (26,67%). (2) Kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 35 Medan dalam kemampuan komunikasi matematis kurang baik yaitu mengalami kesulitan dengan fakta, prinsip, dan konsep. Siswa yang kemampuan komunikasi matematisnya cukup baik mengalami kesulitan dalam fakta, konsep dan operasi. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis yang baik mengalami kesulitan dalam fakta dan operasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi; Pembelajaran kooperatif; Kesulitan matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:45 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56805 |