Sinaga, Ranida Yanthi (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 12 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7113142045 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7113142045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
3. NIM 7113142045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM 7113142045 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM 7113142045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 7113142045 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 7113142045 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 7113142045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
12. NIM 7113142045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
13. NIM 7113142045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Question Student Have dan model pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan, yang beralamat di Jl. Cempaka No. 75 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 151 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas Eksperimen 1 (XII IPS 1) dan kelas Eksperimen 2 (XII IPS 2) yang masing-masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelumnya tes ini telah diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf α = 0,05.
Dari hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest siswa untuk kelas eksperimen 1 sebesar 80,33 dengan standar deviasi 11,059 sedangkan nilai rata-rata postest siswa untuk kelas eksperimen 2 sebesar 75 dengan standar deviasi 13,33. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa sebesar 1,686 dan sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa > atau 1,686 > 1,671.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Question Student Have dan model pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS Di SMA Negeri 12 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 P.AKT 012 |
Keywords: | Model pembelajaran Question Student Have; Model pembelajaran Learning Starts With A Question; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 07:03 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5679 |