Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar

Sianturi, Lucy Octania (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 3183321012 COVER.pdf] Text
1 NIM 3183321012 COVER.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2 NIM 3183321012 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2 NIM 3183321012 APPROVAL SHEET.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 3 NIM 3183321012 ABSTRACT.pdf] Text
3 NIM 3183321012 ABSTRACT.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4 NIM 3183321012 PREFACE.pdf] Text
4 NIM 3183321012 PREFACE.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 5 NIM 3183321012 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5 NIM 3183321012 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 6 NIM 3183321012 TABLES.pdf] Text
6 NIM 3183321012 TABLES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7 NIM 3183321012 ILLUSTRATION.pdf] Text
7 NIM 3183321012 ILLUSTRATION.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8 NIM 3183321012 APPENDICES.pdf] Text
8 NIM 3183321012 APPENDICES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 9 NIM 3183321012 CHAPTER I.pdf] Text
9 NIM 3183321012 CHAPTER I.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 13 NIM 3183321012 CHAPTER V.pdf] Text
13 NIM 3183321012 CHAPTER V.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 14 NIM 3183321012 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14 NIM 3183321012 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen yaitu untuk melihat perbedaan perlakuan antara kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah test soal uji coba siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 30 siswa dan XI IPS 2 berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar sejarah Kelas XI 1 IPS SMA NEGERI 2 Pematangsiantar 2022/2023 dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instructiont (PBI) mencapai rata-rata post-test sebesar 84. 2) Hasil belajar sejarah XI IPS 2 SMA NEGERI 2 Pematangsiantar 2022/2023 dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional mencapai rata-rata post-test sebesar 78.67. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instructiont (PBI) dengan diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional kelas XI IPS SMA NEGERI 2 Pematangsiantar T.A 2022/2023, dengan thit > ttab (2.62 > 2.0017). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 14 May 2024 08:49
Last Modified: 14 May 2024 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56775

Actions (login required)

View Item
View Item