Sianturi, Lucy Octania (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 3183321012 COVER.pdf
Download (121kB)
2 NIM 3183321012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (337kB)
3 NIM 3183321012 ABSTRACT.pdf
Download (179kB)
4 NIM 3183321012 PREFACE.pdf
Download (245kB)
5 NIM 3183321012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (171kB)
6 NIM 3183321012 TABLES.pdf
Download (113kB)
7 NIM 3183321012 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
8 NIM 3183321012 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
9 NIM 3183321012 CHAPTER I.pdf
Download (361kB)
13 NIM 3183321012 CHAPTER V.pdf
Download (279kB)
14 NIM 3183321012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (276kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen yaitu untuk melihat perbedaan perlakuan antara kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah test soal uji coba siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 30 siswa dan XI IPS 2 berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar sejarah Kelas XI 1 IPS SMA NEGERI 2 Pematangsiantar 2022/2023 dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instructiont (PBI) mencapai rata-rata post-test sebesar 84. 2) Hasil belajar sejarah XI IPS 2 SMA NEGERI 2 Pematangsiantar 2022/2023 dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional mencapai rata-rata post-test sebesar 78.67. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instructiont (PBI) dengan diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional kelas XI IPS SMA NEGERI 2 Pematangsiantar T.A 2022/2023, dengan thit > ttab (2.62 > 2.0017). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Instruction; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:49 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56775 |