Hasibuan, Misbah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERMUATAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7112142012 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 7112142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. NIM. 7112142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM. 7112142012 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM 7112142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7112142012 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7112142012 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM 7112142012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM 7112142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. NIM 7112142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM 7112142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning bermuatan karakter terhadap hasil belajar Akuntansi siswa pada mata pelajaran memproses dokumen dana kas kecil kelas XI Ak SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No.116 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 60 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang dengan jumlah total 50 siswa. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Tes diuji coba terlebih dahulu di SMK Swasta YPK Medan sebanyak 30 soal untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data.
Hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-tes kelas eksperimen = 56,40 dengan Standar Deviasi = 11,04 dan nilai rata-rata post-tes setelah menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning bermuatan karakter = 79,60 dengan Standar Deviasi = 8,03. Sedangkan nilai rata-rata pre-tes kelas kontrol = 54,80 dengan Standar Deviasi = 10,75 dan nilai rata-rata post-tes menggunakan metode pembelajaran konvensional = 75,20 dengan Standar Deviasi = 7,70. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan diperoleh thitung sebesar 1,996 dan ttabel 1,676, yang berarti hipotesis penelitian yang menunjukkan dapat diterima pada taraf signifikan 95 % atau α = 0,05 dengan dk = n+n-2 = 48
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning bermuatan karakter terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Swasta Jambi Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 P.AKT 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Brain Based Learning; Karakter Siswa; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 06:52 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5677 |