Sinaga, Sulisma (2023) PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PAB-1 MEDAN ESTATE PADA MATERI PROTISTATAHUN PELAJARAN2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4173141064_Cover.pdf
Download (65kB)
4173141064_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (677kB)
4173141064_Abstrak.pdf
Download (112kB)
4173141064_Kata_Pengantar.pdf
Download (237kB)
4173141064_Daftar_Isi.pdf
Download (149kB)
4173141064_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
4173141064_Daftar_Tabel.pdf
Download (62kB)
4173141064_Daftar_Lampiran.pdf
Download (60kB)
4173141064_BAB_I.pdf
Download (270kB)
4173141064_BAB_V.pdf
Download (115kB)
4173141064_Daftar_Pustaka.pdf
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media animasi berbasis aplikasi canva pada materi protista yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media dan guru mata pelajaran biologi serta pengaruh penerapan media animasi berbasis aplikasi canva dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA PAB-1 Medan Estate pada materi protista tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilanjutkan dengan pengujian produk menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest, sedangkan untuk pengembangan media menggunakan model pengembangan 4D. Sampel yang digunakan sebanyak 23 orang. Media animasi berbasis aplikasi canva divalidasi oleh ahli materi memperoleh persentase (87,5%) termasuk kategori sangat layak, ahli pembelajaran memperoleh persentase (97,9%) termasuk kategori sangat layak juga, menurut ahli media memperoleh persentase (96,9%) termasuk kategori sangat layak, dan menurut guru pelajaran biologi SMA PAB-1 Medan Esatate produk yang dikembangkan memperoleh persentase (95,8%) termasuk kategori sangat layak. Media animasi berbasis aplikasi canva mempengaruhi peningkatan aktivitas belajar siswa, dilihat dari hasil uji wilcoxon bahwa nilai Sig. (0,000) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media animasi terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Media animasi berbasis aplikasi canva juga mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan, dilihat dari hasil uji paired sample t-test memperoleh nilai �ℎ����� sebesar 12,859 dan ������ sebesar 2,074 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media animasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media animasi; Aktivitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 14 May 2024 07:58 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56757 |