PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN LKPD ELEKTRONIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 MEDAN

Prika, Adam Zuhri (2023) PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN LKPD ELEKTRONIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183111071_Cover.pdf] Text
4183111071_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4183111071_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111071_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4183111071_Abstrak.pdf] Text
4183111071_Abstrak.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4183111071_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111071_Kata_Pengantar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4183111071_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111071_Daftar_Isi.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4183111071_BAB_I.pdf] Text
4183111071_BAB_I.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4183111071_BAB_V.pdf] Text
4183111071_BAB_V.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4183111071_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111071_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri berbantuan LKPD Elektronik di kelas VIII SMP Negeri 4 Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan (2) untuk mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif melalui pendekatan inkuiri berbantuan LKPD Elektronik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasy experiment dengan tipe nonequivalent control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan yang terdiri dari 383 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, maka terpilih kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa yang diajar tanpa pendekatan inkuiri berbantuan LKPD Elektronik dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 32 siswa yang diajar menggunakan pendekatan inkuiri berbantuan LKPD Elektronik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes yang berbentuk essay dengan jumlah 4 soal. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dan diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Sehingga, dilakukan uji hipotesis melalui uji t menghasilkan �ℎ����� adalah 4,216 dan ������ adalah 1,670, untuk taraf signifikan ∝= 0,05. Hal ini, menampilkan bahwa �ℎ����� > ������ maka �0 ditolak dan �1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan inkuiri berbantuan LKPD Elektronik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Diharapkan kepada guru agar lebih banyak memberikan soal-soal yang dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Pri d
Keywords: Pendekatan inkuiri; Berpikir kreatif; LKPD elektronik; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 May 2024 03:07
Last Modified: 14 May 2024 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56714

Actions (login required)

View Item
View Item