Siagian, Hambali H.A.M.S (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Siswa Kelas X Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL) Di SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153131015 COVER.pdf
Download (111kB)
2. NIM. 5153131015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5153131015 ABSTRACT.pdf
Download (116kB)
4. NIM. 5153131015 PREFACE.pdf
Download (166kB)
5. NIM. 5153131015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (172kB)
6. NIM. 5153131015 TABLES.pdf
Download (34kB)
7. NIM. 5153131015 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 5153131015 APPENDICES.pdf
Download (35kB)
9. NIM. 5153131015 CHAPTER I.pdf
Download (290kB)
13. NIM. 5153131015 CHAPTER V.pdf
Download (63kB)
14. NIM. 5153131015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik antara penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian TJTL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian TJTL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumblah 64 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, yaitu Kelas X TJTL 1 menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Kelas X TJTL 2 menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen untuk menguji normalitas data digunakan uji lilifors pada taraf kepercayaan (a)= 0,05. Pada Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di peroleh Lhitung<Ltabel yaitu 0,06621<0,15662, disimpulkan data dalam kategori normal, dan pada Model Pembelajaran Ekspositori Lhitung<Ltabel yaitu 0,09966<0,15622, disimpulkan data dalam kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Ekspositori digunakan uji kesamaan varians pada taraf kepercayaan (a) = 0,05 di peroleh bahwa Fhitung<Ftabel, yaitu 1,267<1,822 maka disimpulkan varians sampel homogen. Dengan mengunakan Uji-t pada taraf kepercayaan (a) = 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,504>1,670, dan kesimpulan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS); Hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:06 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56690 |