Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan DiKelas X IPS SMA Negeri 21 Medan

Simatupang, Ayu Noviana (2023) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan DiKelas X IPS SMA Negeri 21 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 3183331010_Cover.pdf] Text
3183331010_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 3183331010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3183331010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 3183331010_Abstrak.pdf] Text
3183331010_Abstrak.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 3183331010_Kata_Pengantar.pdf] Text
3183331010_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 3183331010_Daftar_Isi.pdf] Text
3183331010_Daftar_Isi.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 3183331010_Daftar_Tabel.pdf] Text
3183331010_Daftar_Tabel.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 3183331010_Daftar_Gambar.pdf] Text
3183331010_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 3183331010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3183331010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 3183331010_BAB_I.pdf] Text
3183331010_BAB_I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 3183331010_BAB_VI.pdf] Text
3183331010_BAB_VI.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 3183331010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3183331010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, dan (3) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan problem based learning.

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 21 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 139 siswa dan sampelnya adalah 65 siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah teknik random sampling. Variabel penelitian yang digunakan yakni: (1) variabel bebas (X) yaitu model pembelajaran PBL dan DL dan (2) variabel terikat (Y) yaitu tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif melalui uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, dengan perolehan nilai terkecil yaitu 70, nilai terbesar 90, dan rata-rata 79,12, (2) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning, dengan perolehan nilai terkecil yaitu 75, nilai terbesar 95, rata-rata 84,73, dan (3) berdasarkan hasil uji-t diperoleh sig. (0,000<0,05) sehingga H0 ditolak, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning maupun problem based learning. Ditinjau dari N-Gain, model pembelajaran problem based learning lebih efektif dibandingkan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: hasil pembelajaran, discovery learning, problem based learning, perbedaan hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 13 May 2024 09:11
Last Modified: 13 May 2024 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56687

Actions (login required)

View Item
View Item