EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID – 19 (STUDY KASUS BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN)

Ulinsyah (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID – 19 (STUDY KASUS BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311046_Cover.pdf] Text
4183311046_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4183311046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4183311046_Abstrak.pdf] Text
4183311046_Abstrak.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4183311046_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311046_Kata_Pengantar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4183311046_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311046_Daftar_Isi.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of 4183311046_BAB_I.pdf] Text
4183311046_BAB_I.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4183311046_BAB_V.pdf] Text
4183311046_BAB_V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4183311046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online terhadap respon siswa, minat belajar siswa dan hasil kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.7 SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 30 orang. Sedangkan Objek penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online di masa pandemi covid-19. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa dan angket minat belajar siswa dan tes kognitif siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) efektivitas pembelajaran daring terhadap respon siswa berdasarkan hasil angket memperoleh rata – rata presentase respon positif siswa hanya sebanyak 11 orang (36%) dengan kategori tidak efektif, (2) efektivitas pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa berdasarkan hasil angket memperoleh rata – rata presentase respon positif sebanyak 12 orang (40%) dengan kategori tidak efektif, dan (3) efektivitas pembelajaran daring terhadap tes kognitif belajar siswa berdasarkan hasil tes kognitif siswa hanya sebanyak 13 siswa dari 30 siswa yang mendapatkan nilai tuntas (melewati KKM) dengan kategori tidak efektif
Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid – 19 dapat dikatakan tidak efektif jika dilihat dari minat belajar siswa, respon siswa terhadap pembelajaran daring dan hasil tes kognitif yang telah diberikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Uli e
Keywords: Pembelajaran daring; Minat belajar; Respon siswa; Tes kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 May 2024 08:58
Last Modified: 13 May 2024 08:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56685

Actions (login required)

View Item
View Item