PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X SMA

Sijabat, Shinta Marito (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193331030_Cover.pdf] Text
4193331030_Cover.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4193331030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4193331030_Abstrak.pdf] Text
4193331030_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4193331030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331030_Kata_Pengantar.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 4193331030_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331030_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4193331030_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193331030_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4193331030_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193331030_Daftar_Tabel.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4193331030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193331030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4193331030_BAB_I.pdf] Text
4193331030_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193331030_BAB_V.pdf] Text
4193331030_BAB_V.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 4193331030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193331030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking
Skill (HOTS) pada materi Stoikiometri untuk siswa X SMA. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari
lima tahap, yaitu Analisis, Perencanaan, Pengembangan , Implementasi, dan evalusi. Instrumen
tes divalidasi oleh 4 orang ahli, yaitu 3 orang dosen kimia Unimed, dan 1 orang guru kimia
dengan menggunakan angket validasi. Uji coba kelompok kecil dilakukan XI IPA 1 dan uji coba
kelompok besar dilakukan X IPA 2 seluruh siswa SMA Negeri 21 Medan. teknik purposive
sampling Teknik analisis data untuk validitas isi menggunakan Microsoft exel dan validitas
konstruk menggunakan formula aiken's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang
dikembangkan memiliki karakteristik yang baik dari segi validitas logis dengan indeks validitas
isi sebesar 0,872 dan validitas konstruk sebesar 0,91-1,00. Koefisien reliabilitas sebesar 0,81
tergolong sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa instrumen tes berbasis Higher
Order Thinking Skills (HOTS) pada materi stoikiometri untuk siswa SMA/MA valid dan
memiliki kualitas butir soal yang baik. Hal ini ditunjukkan secara keseluruhan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 66,54, dengan rata-rata siswa
menjawab soal sebanyak 15 butir soal dengan benar dari 23 soal secara keseluruhan pada
kategori rentang nilai tinggi dan sangat tinggi 61-100 yang dihasilkan 64% dan untuk persentase
cukup dan rendah dengan rentang nilai 21-60 bilang dijumlahkan yang dihasilkan persentase
adalah 36%. Sehingga, diperlukanlah mengembangkan media pembelajaran dengan
menggunakan penerapan pembelajaran problem based learning yang meningkatkan hasil belajar
siswa dan disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan layak dan efektif untuk
mengukur HOTS peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Intrumen tes; Stoikiometri; Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 06:07
Last Modified: 13 May 2024 06:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56671

Actions (login required)

View Item
View Item