Sijabat, Shinta Marito (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193331030_Cover.pdf
Download (176kB)
4193331030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (179kB)
4193331030_Abstrak.pdf
Download (240kB)
4193331030_Kata_Pengantar.pdf
Download (485kB)
4193331030_Daftar_Isi.pdf
Download (238kB)
4193331030_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
4193331030_Daftar_Tabel.pdf
Download (209kB)
4193331030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (208kB)
4193331030_BAB_I.pdf
Download (1MB)
4193331030_BAB_V.pdf
Download (363kB)
4193331030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Higher Order Thinking
Skill (HOTS) pada materi Stoikiometri untuk siswa X SMA. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari
lima tahap, yaitu Analisis, Perencanaan, Pengembangan , Implementasi, dan evalusi. Instrumen
tes divalidasi oleh 4 orang ahli, yaitu 3 orang dosen kimia Unimed, dan 1 orang guru kimia
dengan menggunakan angket validasi. Uji coba kelompok kecil dilakukan XI IPA 1 dan uji coba
kelompok besar dilakukan X IPA 2 seluruh siswa SMA Negeri 21 Medan. teknik purposive
sampling Teknik analisis data untuk validitas isi menggunakan Microsoft exel dan validitas
konstruk menggunakan formula aiken's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang
dikembangkan memiliki karakteristik yang baik dari segi validitas logis dengan indeks validitas
isi sebesar 0,872 dan validitas konstruk sebesar 0,91-1,00. Koefisien reliabilitas sebesar 0,81
tergolong sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa instrumen tes berbasis Higher
Order Thinking Skills (HOTS) pada materi stoikiometri untuk siswa SMA/MA valid dan
memiliki kualitas butir soal yang baik. Hal ini ditunjukkan secara keseluruhan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 66,54, dengan rata-rata siswa
menjawab soal sebanyak 15 butir soal dengan benar dari 23 soal secara keseluruhan pada
kategori rentang nilai tinggi dan sangat tinggi 61-100 yang dihasilkan 64% dan untuk persentase
cukup dan rendah dengan rentang nilai 21-60 bilang dijumlahkan yang dihasilkan persentase
adalah 36%. Sehingga, diperlukanlah mengembangkan media pembelajaran dengan
menggunakan penerapan pembelajaran problem based learning yang meningkatkan hasil belajar
siswa dan disimpulkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan layak dan efektif untuk
mengukur HOTS peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Intrumen tes; Stoikiometri; Peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 06:07 |
Last Modified: | 13 May 2024 06:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56671 |