PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMAS ISTIQLAL DELI TUA

Habibah, Ummiatul (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMAS ISTIQLAL DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181121017_Cover.pdf] Text
4181121017_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4181121017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181121017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4181121017_Abstrak.pdf] Text
4181121017_Abstrak.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4181121017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181121017_Kata_Pengantar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4181121017_Daftar_Isi.pdf] Text
4181121017_Daftar_Isi.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4181121017_BAB_I.pdf] Text
4181121017_BAB_I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4181121017_BAB_V.pdf] Text
4181121017_BAB_V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4181121017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181121017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET pada materi usaha dan energi di kelas X SMAS Istiqlal Delitua. Penelitian ini termasuk jenis penelitian termasuk quasi eksperimen dengan desain two-group pretest dan post-test, populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMA swasta Istiqlal Deli Tua. Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET, dengan jumlah siswa tiap kelas adalah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar terdiri dari 15 soal pilihan ganda yang terlebih dahulu di validkan oleh validator. Data awal penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 50,22 dan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 48,00. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET dan dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada akhir materi diberikan posttest sehingga diperoleh rata-rata di kelas eksperimen 83,11 dan rata-rata kelas kontrol 68,22. Dari data tersebut diperoleh thitung<ttabel (6,90<1,67). Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran discovery learning berbantuan simulasi PhET pada materi usaha dan energi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 2 Hab p
Keywords: Discovery learning; Simulasi PhET; Model konvensional; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 May 2024 07:15
Last Modified: 13 May 2024 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56670

Actions (login required)

View Item
View Item