PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 16 MEDAN

Rahmadani, Vanny (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181111017_Cover.pdf] Text
4181111017_Cover.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4181111017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181111017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 4181111017_Abstrak.pdf] Text
4181111017_Abstrak.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4181111017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181111017_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4181111017_Daftar_Isi.pdf] Text
4181111017_Daftar_Isi.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 4181111017_BAB_I.pdf] Text
4181111017_BAB_I.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4181111017_BAB_V.pdf] Text
4181111017_BAB_V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4181111017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181111017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar E-Modul menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis model pembelajaran problem based learning yang bersifat valid, praktis dan efektif pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Medan yang berjumlah 34 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, ahli media, angket respon siswa, angket respon guru, dan lembar tes hasil belajar untuk mengukur kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari bahan ajar E-Modul yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: diperoleh hasil dari validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase 85% dan 89% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat layak. Kepraktisan bahan ajar E-Modul dilihat melalui hasil angket respon siswa dan angket respon guru mata pelajaran matematika dengan persentase 90,85% dan 95% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan bahan ajar E-Modul dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dengan persentase 91,6% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat efektif. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Rah p
Keywords: E-modul; Kvisoft flipbook maker; Problem based learning; Bahan ajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 May 2024 04:19
Last Modified: 13 May 2024 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56665

Actions (login required)

View Item
View Item