Rahmadani, Vanny (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4181111017_Cover.pdf
Download (180kB)
4181111017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (323kB)
4181111017_Abstrak.pdf
Download (179kB)
4181111017_Kata_Pengantar.pdf
Download (264kB)
4181111017_Daftar_Isi.pdf
Download (596kB)
4181111017_BAB_I.pdf
Download (233kB)
4181111017_BAB_V.pdf
Download (220kB)
4181111017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (250kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar E-Modul menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis model pembelajaran problem based learning yang bersifat valid, praktis dan efektif pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Medan yang berjumlah 34 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, ahli media, angket respon siswa, angket respon guru, dan lembar tes hasil belajar untuk mengukur kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari bahan ajar E-Modul yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: diperoleh hasil dari validasi oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase 85% dan 89% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat layak. Kepraktisan bahan ajar E-Modul dilihat melalui hasil angket respon siswa dan angket respon guru mata pelajaran matematika dengan persentase 90,85% dan 95% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan bahan ajar E-Modul dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dengan persentase 91,6% dimana persentase tersebut berada pada kategori sangat efektif. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Rah p |
Keywords: | E-modul; Kvisoft flipbook maker; Problem based learning; Bahan ajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:19 |
Last Modified: | 13 May 2024 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56665 |