Trisnawati, Wulan (2019) Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Tata Hidang Siswa SMK Putra Anda Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 5152142016 COVER.pdf
Download (172kB)
2 NIM. 5152142016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (556kB)
3 NIM. 5152142016 ABSTRAK.pdf
Download (225kB)
4 NIM. 5152142016 KATA PENGANTAR.pdf
Download (212kB)
5 NIM. 5152142016 DAFTAR ISI.pdf
Download (119kB)
6 NIM. 5152142016 DAFTAR TABEL.pdf
Download (118kB)
7 NIM. 5152142016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (118kB)
8 NIM. 5152142016 BAB I.pdf
Download (397kB)
12 NIM. 5152142016 BAB V.pdf
Download (279kB)
13 NIM. 5152142016 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (310kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo pada pelajaran Tata Hidang (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Power Point pada pelajaran Tata Hidang (3) Pengaruh model pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Putra Anda Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jasa Boga SMK Putra Anda Binjai dengan teknik total sampling yang berjumlah jumlah 50 siswa. Waktu penelitian pada bulan Agustus-Oktober 2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji “t”.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar Tata Hidang yang menggunakan model pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 56 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar Tata Hidang yang menggunakan media pembelajaran Power Point termasuk pada kategori cenderung cukup sebesar 80 persen. Hasil analisis uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang dengan nilai thitung > ttabel yaitu (5,96 > 1,671) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran E-Learning berbasis Edmodo mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran Tata Hidang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Edmodo; Media Pembelajaran Power Point; Hasil belajar tata hidang |
Subjects: | T Technology > TX Home economics T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:03 |
Last Modified: | 13 May 2024 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56661 |