Siahaan, Verra Sanny (2023) IDENTIFIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA PADA TOPIK PRINSIP ARCHIMEDES DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121024_Cover.pdf
Download (160kB)
4191121024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (258kB)
4191121024_Abstrak.pdf
Download (229kB)
4191121024_Kata_Pengantar.pdf
Download (209kB)
4191121024_Daftar_Isi.pdf
Download (309kB)
4191121024_BAB_I.pdf
Download (34kB)
4191121024_BAB_V.pdf
Download (54kB)
4191121024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (25kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan strategi dalam pembelajaran fisika pada topik prinsip Archimedes yang telah dilaksanakan guru di SMA Negeri 11 Medan. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 guru yang telah mengajarkan topik prinsip Archimedes. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 1 (satu) guru sebagai informan utama. Pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dari anggota populasi. Kriterianya adalah guru yang sudah lama dalam mengajarkan topik prinsip Archimedes dan memiliki sertifikasi guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, angket dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dengan pendekatan matriks SWOT, IFE, EFE, dan IE. Berdasarkan hasil analisis SWOT strategi yang teridentifikasi dalam pembelajaran topik prinsip Archimedes di SMA Negeri 11 Medan adalah 1) Strategi S-O, yaitu guru menggunakan demonstrasi pembelajaran untuk menjadi konten kreator. 2) Strategi W-O, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan software dan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran untuk menjadi konten kreator. 3) Strategi S-T yaitu guru melibatkan siswa dalam memanfaatkan sumber belajar di internet; guru menyiapkan handout untuk memudahkan dalam pembelajaran; guru menyiapkan powerpoint sebagai media pembelajaran. 4) Strategi W-T, yaitu meningkatkan kreativitas guru dalam mendesain pembelajaran
untuk menggunakan waktu pembelajaran secara efektif dan efisien; meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan software guna mendukung pembelajaran; meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis IFE dan EFE strategi yang ditentukan adalah “strategi diversifikasi”. Strategi ini memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dalam menghadapi tantangan yang ada yaitu pada strategi S-T meliputi guru melibatkan siswa dalam memanfaatkan sumber belajar di internet; guru menyiapkan handout untuk memudahkan dalam pembelajaran; guru menyiapkan powerpoint sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sia i |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Prinsip archimedes; Pembelajaran fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 May 2024 03:50 |
Last Modified: | 13 May 2024 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56655 |