Andriana, Sesili (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN MENGGUNAKAN WIZER.ME BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111041_Cover.pdf
Download (126kB)
4191111041_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (376kB)
4191111041_Abstrak.pdf
Download (144kB)
4191111041_Kata_Pengantar.pdf
Download (265kB)
4191111041_Daftar_Isi.pdf
Download (181kB)
4191111041_Daftar_Gambar.pdf
Download (143kB)
4191111041_Daftar_Tabel.pdf
Download (118kB)
4191111041_Daftar_Lampiran.pdf
Download (143kB)
4191111041_BAB_I.pdf
Download (1MB)
4191111041_BAB_V.pdf
Download (158kB)
4191111041_Daftar_Pustaka.pdf
Download (305kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah E-LKPD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan memodifikasi penelitian 4D oleh Thiagarajan. Tahapan pada 4D antara lain define,design,develop dan disseminate. Penelitian ini mengembangkan E-LKPD berbantuan sebuah web yaitu Wizer.me. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar kepraktisan dan lembar keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan E-LKPD dengan menggunakan wizer.me berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP dinyatakan (1) valid, dengan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 4,73 termasuk kedalam kategori sangat valid dan skor rata-rata dari ahli media sebesar 4,34 dan termasuk kedalam kategori valid. (2) praktis, berdasarkan angket respon guru didapatkan sebesar 79,16% dan termasuk kedalam kategori praktis. (3) efektif, hal ini berdasarkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,09%, ketercapaian indikator terjadi peningkatan dari pretest ke posttest sebesar 18,92 dan peningkatan berdasarkan analisis N-Gain sebesar 0,67 termasuk kedalam kategori sedang, berdasarkan penggunaan waktu pembelajaran yang tidak melebihi pembelajaran biasa dan waktu yang digunakan tiap tahapan adalah cukup, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta respon positif yang diberikan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan E-LKPD termasuk kedalam respon positif dengan skor sebesar 83,27%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemecahan masalah siswa; Angket; Respon guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 03:42 |
Last Modified: | 13 May 2024 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56654 |