Sitanggang, Sanny Rimelda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK N 1 ONAN GANJANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4163111060_Cover.pdf
Download (234kB)
4163111060_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (341kB)
4163111060_Abstrak.pdf
Download (349kB)
4163111060_Kata_Pengantar.pdf
Download (429kB)
4163111060_Daftar_Isi.pdf
Download (301kB)
4163111060_Daftar_Gambar.pdf
Download (160kB)
4163111060_Daftar_Tabel.pdf
Download (145kB)
4163111060_Daftar_Lampiran.pdf
Download (240kB)
4163111060_BAB_I.pdf
Download (1MB)
4163111060_BAB_V.pdf
Download (248kB)
4163111060_Daftar_Pustaka.pdf
Download (416kB)
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Creative Problem Solving yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menemukan media lectora inspire berbasis model pembelajaran Creative Problem Solving yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation, dimana pada tahap implementasi dilakukan dalam skala kecil yaitu siswa kelas XI SMK N 1 Onan Ganjang setelah Uji Coba I dan Uji Coba II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK SMK N 1 Onan Ganjang kelas XI. Objek dalam penelitian ini adalah media lectora inspire berbasis model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif dengan nilai rerata total hasil validasi ahli sebesar 4,07; nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rerata total 4,25 kategori tinggi maka media adalah praktis. Ketercapaian keefektifan media lectora inspire berdasarkan pada: (1) ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebanyak 87,5%; peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Nilai n gain 0,6 (2) ketercapaian ketuntasan tujuan pembelajaran dengan rerat nilaii 75% (3) angket respon siswa berada pada kriteria positif dengan nilai 88,8% pada kriteria tinggi (4) Penggunaan waktu Pembelajaran telah mencapai kriteria penggunaan waktu pembelajaran yang tepat dengan nilai pada kategori tinggi sehingga media lectora inspire yang sudah efektif telah ditemukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Model pemeblajaran; Kreativitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:30 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56642 |