PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI DI KELAS VIII SMP

Harahap, Safrida Fitri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192451007_Cover.pdf] Text
4192451007_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4192451007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192451007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of 4192451007_Abstrak.pdf] Text
4192451007_Abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4192451007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192451007_Kata_Pengantar.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of 4192451007_Daftar_Isi.pdf] Text
4192451007_Daftar_Isi.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 4192451007_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192451007_Daftar_Gambar.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4192451007_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192451007_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4192451007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192451007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4192451007_BAB_I.pdf] Text
4192451007_BAB_I.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of 4192451007_BAB_V.pdf] Text
4192451007_BAB_V.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 4192451007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192451007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Prezi terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain yang digunakan yaitu Pretest and Postest Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling yaitu VIII-E dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Prezi dan VIII-B dengan menggunakan model konvensional, setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Instrument penelitian yang digunakan ialah tes berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan hasil analisis kelas eksperimen nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 28,17 dan 87,17 serta kelas control nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 26,00 dan 57,67. Persentase peningkatan n-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,2573% pada kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 43,2649% pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Prezi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran, gelombang, dan bunyi di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bunyi; Getaran; Gelombang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 01:54
Last Modified: 13 May 2024 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56634

Actions (login required)

View Item
View Item