PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN LIVE WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA NEGERI 4 MEDAN

Puspita, Safira Try (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN LIVE WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIA SMA NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191141001_Cover.pdf] Text
4191141001_Cover.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4191141001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191141001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 4191141001_Abstrak.pdf] Text
4191141001_Abstrak.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4191141001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191141001_Kata_Pengantar.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 4191141001_Daftar_Isi.pdf] Text
4191141001_Daftar_Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4191141001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191141001_Daftar_Gambar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4191141001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191141001_Daftar_Tabel.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4191141001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191141001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4191141001_BAB_I.pdf] Text
4191141001_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4191141001_BAB_V.pdf] Text
4191141001_BAB_V.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4191141001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191141001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD dengan Live Worksheet berbasis Problem Based Learning pada materi virus di kelas X MIA SMA Negeri 4 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define-Design-Development-Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, angket respon guru, angket respon peserta didik dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menurut para ahli yaitu ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli desain diperoleh persentase rata-rata sebesar 88,63%, 89,58% dan 94,79% dengan kategori sangat layak. Hasil respon guru dan peserta didik terhadap E-LKPD diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,52% dan 87,5% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik diperoleh dengan rata-rata N-gain score sebesar 0,70 dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Virus; Instrumen tes; Meningkatkan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 01:44
Last Modified: 13 May 2024 01:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56633

Actions (login required)

View Item
View Item