PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI KELAS XI MA AL'JAMIYATUL CHALIDIYAH STABAT TAHUN AJARAN 2022/2023

OKTAVIA, RAHAYU (2023) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI KELAS XI MA AL'JAMIYATUL CHALIDIYAH STABAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193341017_Cover.pdf] Text
7193341017_Cover.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 7193341017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193341017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (835kB)
[thumbnail of 7193341017_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193341017_Kata_Pengantar.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of 7193341017_Abstrak.pdf] Text
7193341017_Abstrak.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 7193341017_Daftar_Isi.pdf] Text
7193341017_Daftar_Isi.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 7193341017_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193341017_Daftar_Tabel.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 7193341017_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193341017_Daftar_Gambar.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 7193341017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193341017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 7193341017_BAB_I.pdf] Text
7193341017_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193341017_BAB_V.pdf] Text
7193341017_BAB_V.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of 7193341017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193341017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi di kelas XI MA Al'jamiyatul Chalidiyah Stabat. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah populasi sebesar 65 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dalam bentuk skala likert. Pengujian validitas instrumen penelitian dilakukan dengan perumusan Product Moment sedangkan pengujian reliabilitas dengan menggunakan nilai Cronbach Alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan teknik pengujian hipotesis berupa hipotesis secara parsial dan simultan. Kemudian, dalam penelitian ini digunakan uji koefisien determinasi (R2) untuk mengukur kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini dapat terlihat dari perolehan data statistic dimana terbukti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Adapun perolehan persamaan regresinya yaitu Y = = 0,760 + 0,549 + 0,443. Hasil pengujian hipotesis diperoleh secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 6,346 > ttabel 1,670 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel Kondisi Sosial Ekonomi Orangtua (X1). Kedua,secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar sebesar 4,847 > ttabel 1,670 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk variabel Lingkungan Teman Sebaya (X2).
Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 370,383 > Ftabel 3,15 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Kemudian, pada uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai (R Square) sebesar 0.923. Hal ini berarti bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 92,3% dan sisanya sebesar 7,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 May 2024 17:21
Last Modified: 18 May 2024 17:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56630

Actions (login required)

View Item
View Item