PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PROGRAM LITERASI TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.P 2022/2023

YUWANDA, PUTRI (2023) PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PROGRAM LITERASI TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193141024_Cover.pdf] Text
7193141024_Cover.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 7193141024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193141024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7193141024_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193141024_Kata_Pengantar.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 7193141024_Abstrak.pdf] Text
7193141024_Abstrak.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 7193141024_Daftar_Isi.pdf] Text
7193141024_Daftar_Isi.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 7193141024_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193141024_Daftar_Tabel.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 7193141024_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193141024_Daftar_Gambar.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 7193141024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193141024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 7193141024_BAB_I.pdf] Text
7193141024_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7193141024_BAB_V.pdf] Text
7193141024_BAB_V.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of 7193141024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193141024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca dan program literasi terhadap kecerdasan linguistik siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 16 Medan T.P 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan bersifat kuantitatif. Penulis menggunakan 68 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Validitas instrumen penelitian diuji menggunakan validitas isi berdasarkan penilaian dari ahli (dosen), sedangkan reliabilitas diuji menggunakan teknik cronbach alpha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan baik secara parsial maupun simultan. Serta penggunaan koefisen determinasi (�2) sebagai alat pengukuran.
Dari data statistik yang diperoleh dalam penelitian ini, terbukti adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel Minat Membaca dan Program Literasi terhadap Kecerdasan Linguistik. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah � = 43.306 + 1,101�1 + 0,764�2 + e. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel Minat Membaca (X1) memiliki nilai �hitung sebesar 8,455 > �tabel sebesar 1,668 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sementara itu, pada variabel Program Literasi (X2) memiliki nilai �hitung sebesar 4,364 > �tabel sebesar 1,668 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Pengujian hipotesis secara simultan juga menghasilkan data yang menunjukkan bahwa �hitung sebesar 195,555 > �table sebesar 3,183. Dan nilai signifikansi 0.000 < 0,05. Selanjutnya uji koefisien determinasi (�2) menunjukkan hasil sebesar 0,857. Dapat diartikan bahwa minat membaca dan program literasi secara simultan memberikan kontribusi terhadap kecerdasan linguistik sebesar 85,7% dan sisanya 14,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Minat Membaca, Program Literasi, Kecerdasan Linguistik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 May 2024 17:15
Last Modified: 18 May 2024 17:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56629

Actions (login required)

View Item
View Item