YUWANDA, PUTRI (2023) PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PROGRAM LITERASI TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193141024_Cover.pdf
Download (301kB)
7193141024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
7193141024_Kata_Pengantar.pdf
Download (520kB)
7193141024_Abstrak.pdf
Download (642kB)
7193141024_Daftar_Isi.pdf
Download (458kB)
7193141024_Daftar_Tabel.pdf
Download (477kB)
7193141024_Daftar_Gambar.pdf
Download (374kB)
7193141024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (383kB)
7193141024_BAB_I.pdf
Download (1MB)
7193141024_BAB_V.pdf
Download (701kB)
7193141024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (581kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca dan program literasi terhadap kecerdasan linguistik siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 16 Medan T.P 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan bersifat kuantitatif. Penulis menggunakan 68 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Medan. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa yang diambil berdasarkan teknik total sampling. Validitas instrumen penelitian diuji menggunakan validitas isi berdasarkan penilaian dari ahli (dosen), sedangkan reliabilitas diuji menggunakan teknik cronbach alpha. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan baik secara parsial maupun simultan. Serta penggunaan koefisen determinasi (�2) sebagai alat pengukuran.
Dari data statistik yang diperoleh dalam penelitian ini, terbukti adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel Minat Membaca dan Program Literasi terhadap Kecerdasan Linguistik. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah � = 43.306 + 1,101�1 + 0,764�2 + e. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel Minat Membaca (X1) memiliki nilai �hitung sebesar 8,455 > �tabel sebesar 1,668 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sementara itu, pada variabel Program Literasi (X2) memiliki nilai �hitung sebesar 4,364 > �tabel sebesar 1,668 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Pengujian hipotesis secara simultan juga menghasilkan data yang menunjukkan bahwa �hitung sebesar 195,555 > �table sebesar 3,183. Dan nilai signifikansi 0.000 < 0,05. Selanjutnya uji koefisien determinasi (�2) menunjukkan hasil sebesar 0,857. Dapat diartikan bahwa minat membaca dan program literasi secara simultan memberikan kontribusi terhadap kecerdasan linguistik sebesar 85,7% dan sisanya 14,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Membaca, Program Literasi, Kecerdasan Linguistik |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 17:15 |
Last Modified: | 18 May 2024 17:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56629 |