HERDIANI, PUTRI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS XI MPLB SMKS BINA SATRIA MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193344002_Cover.pdf
Download (478kB)
7193344002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (683kB)
7193344002_Kata_Pengantar.pdf
Download (448kB)
7193344002_Abstrak.pdf
Download (416kB)
7193344002_Daftar_Isi.pdf
Download (543kB)
7193344002_Daftar_Tabel.pdf
Download (480kB)
7193344002_Daftar_Gambar.pdf
Download (382kB)
7193344002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (475kB)
7193344002_BAB_I.pdf
Download (1MB)
7193344002_BAB_V.pdf
Download (582kB)
7193344002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (559kB)
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan gadget sebagai media belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas XI MPLB SMKS Bina Satria Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunkan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 85 siswa dari 3 kelas dimana keseluruhan populasi merupakan sampel, untuk pengambilan sampel digunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, kuesioner angket. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya analisis regresi linear berganda dan agar menjawab kebenaran hipotesis digunakan uji-t, uji-F serta uji R2 dengan pengolahan data menggunakan bantuan SPSS Versi 26. Dari hasil analisis data dihasilkan persamaan regresi linear berganda Y= 4,096 + 0,459 X1 + 0,371X2 selanjutnya hasil penelitian menggambarkan hasil uji parsial (ujit). Variabel penggunaan gadget sebagai media belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung> ttabel (4,483>1,664) pada taraf signifikansi (0,000< 0,05). Terdapat pengaruh yang positif serta signifikan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung> ttabel (3,934>1,664) untuk nilai signifikansi (0,000< 0,05). Secara simultan (uji-F) pengaruh penggunaan gadget sebagai media belajar dan aktivitas belajar terdapat pengaruh yang positif serta signfikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung > Ftabel (19,733 > 3,11) pada taraf signifikansi = 5% atau 0,000<0,05. Dengan nilai koefisien determinasi R2 yaitu 0,325 sehingga dapat disimpulkan sumbangan pengaruh Pengunaan Gadget Sebagai Media Belajar (X1) dan Aktivitas Belajar (X2) Terhadap Hasil Belajar (Y) Siswa yaitu sebesar 32,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Gadget Sebagai Media Belajar, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 16:33 |
Last Modified: | 18 May 2024 16:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56626 |