HALIZAH, NUR (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 DELI SERDANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191141014_Cover.pdf
Download (46kB)
7191141014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (96kB)
7191141014_Kata_Pengantar.pdf
Download (274kB)
7191141014_Abstrak.pdf
Download (375kB)
7191141014_Daftar_Isi.pdf
Download (299kB)
7191141014_Daftar_Tabel.pdf
Download (336kB)
7191141014_Daftar_Gambar.pdf
Download (215kB)
7191141014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (217kB)
7191141014_BAB_V.pdf
Download (271kB)
7191141014_BAB_I.pdf
Download (669kB)
7191141014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (498kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang yang berjumlah 106 siswa.
Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Jadi, diambil 83 siswa sebagai sampel dari seluruh populasi untuk dijadikan responden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mengidentifikasi apakah variabel bebas yaitu Lingkungan Belajar (X1) dan Motivasi Belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y).
Berdasarkan hasil uji analisis uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar. Yang artinya semakin tinggi Lingkungan Belajar oleh siswa maka semakin tinggi pula Hasil Belajar yang diperoleh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang.
Begitu pula sebaliknya, setelah dilakukan uji signifikan dengan uji t diperoleh �ℎ����� 3,345 yang kemudian dibandingkan dengan ������ yaitu 1,66412.ini menunjukkan 3,345>1,66412 dan pada tingkat signifikansi (0,001<0,05).Jadi lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. setelah dilakukan uji signifikan dengan uji t diperoleh t_hitung 3,536 yang kemudian dibandingkan dengan ������ yaitu 1,66412. Hal ini menunjukkan 3,536 > 1,66412 dan pada tingkat signifikansi (0,001 < 0,05).
Dengan demikian, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Secara bersama diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan persamaan regresi Y41,706 + 0,353 X1 + 0,402 X2 + e.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ekonomi Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang yang ditunjukkan dengan �ℎ�����>������(3,345>1,66412) sedangkan nilai sig (0,001<0,05). Dan hasil uji signifikan secara simultan (uji F) bahwa Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang. Dimana �ℎ����� > ������ (11.794>3.11) dan nilai sig (0.000<0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 05:34 |
Last Modified: | 18 May 2024 05:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56611 |