TRIYANA, NENI (2023) PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 TANJUNGBALAI T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191141011_Cover.pdf
Download (47kB)
7191141011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (528kB)
7191141011_Kata_Pengantar.pdf
Download (265kB)
7191141011_Abstrak.pdf
Download (493kB)
7191141011_Daftar_Isi.pdf
Download (519kB)
7191141011_Daftar_Tabel.pdf
Download (466kB)
7191141011_Daftar_Gambar.pdf
Download (314kB)
7191141011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (314kB)
7191141011_BAB_I.pdf
Download (580kB)
7191141011_BAB_V.pdf
Download (412kB)
7191141011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (512kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Student Engagement dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tanjungbalai T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 96 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tanjungbalai. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa yang diambil berdasarkan teknik proporsionate random sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan dengan teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel student engagement dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Pada uji koefisien determinasi (R Square) didapatkan perolehan data sebesar 0,703. Artinya, student engagement dan fasilitas belajar secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 70,3% dan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Student Engagement, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 03:52 |
Last Modified: | 18 May 2024 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56604 |