PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 TANJUNGBALAI T.A 2022/2023

TRIYANA, NENI (2023) PENGARUH STUDENT ENGAGEMENT DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 TANJUNGBALAI T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7191141011_Cover.pdf] Text
7191141011_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 7191141011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7191141011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 7191141011_Kata_Pengantar.pdf] Text
7191141011_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 7191141011_Abstrak.pdf] Text
7191141011_Abstrak.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 7191141011_Daftar_Isi.pdf] Text
7191141011_Daftar_Isi.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 7191141011_Daftar_Tabel.pdf] Text
7191141011_Daftar_Tabel.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 7191141011_Daftar_Gambar.pdf] Text
7191141011_Daftar_Gambar.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 7191141011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7191141011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 7191141011_BAB_I.pdf] Text
7191141011_BAB_I.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 7191141011_BAB_V.pdf] Text
7191141011_BAB_V.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 7191141011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7191141011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Student Engagement dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tanjungbalai T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Penulis menggunakan 96 populasi sebagai bagian keseluruhan dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Tanjungbalai. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa yang diambil berdasarkan teknik proporsionate random sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan dengan teknik cronbach alpha. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel student engagement dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Pada uji koefisien determinasi (R Square) didapatkan perolehan data sebesar 0,703. Artinya, student engagement dan fasilitas belajar secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 70,3% dan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Student Engagement, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 May 2024 03:52
Last Modified: 18 May 2024 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56604

Actions (login required)

View Item
View Item