SURYANI, NELA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MPLB PADA ELEMEN PEMBELAJARAN PROSES BISNIS DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193344013_Cover.pdf
Download (407kB)
7193344013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (375kB)
7193344013_Kata_Pengantar.pdf
Download (495kB)
7193344013_Abstrak.pdf
Download (340kB)
7193344013_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
7193344013_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
7193344013_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
7193344013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
7193344013_BAB_I.pdf
Download (484kB)
7193344013_BAB_V.pdf
Download (244kB)
7193344013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (245kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar proses bisnis siswa kelas X MPLB pada mata pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan yang berlokasi di Jl.Platina Raya No.7 Rengas Pulau Kec. Medan Marelan, dengan jumlah sampel yaitu 32 orang sebanyak 1 kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t.
Dari hasil penelitian eksperimen ini diperoleh rata-rata Pre-test yaitu 51,095 dan nilai rata-rata Post-test yaitu 80,468 peningkatan hasil belajar siswa 63,13%. Dan perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 41,12 dan ttabel yaitu 1,668. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel (41,12>1,668) maka hasil pengujian hipotesis diterima. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan ada pengaruh signifikan dan positif hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Penerapan LKPD terhadap hasil belajar pada elemen pembelajaran proses bisnis dikelas X MPLB SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Penerapan LKPD |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 03:47 |
Last Modified: | 18 May 2024 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56603 |