HULJANNAH, MIFTA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191141004_Cover.pdf
Download (70kB)
7191141004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (531kB)
7191141004_Kata_Pengantar.pdf
Download (221kB)
7191141004_Abstrak.pdf
Download (228kB)
7191141004_Daftar_Isi.pdf
Download (188kB)
7191141004_Daftar_Tabel.pdf
Download (141kB)
7191141004_Daftar_Gambar.pdf
Download (87kB)
7191141004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (88kB)
7191141004_BAB_I.pdf
Download (401kB)
7191141004_BAB_V.pdf
Download (141kB)
7191141004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (236kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya atau rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 serta rendahnya penggunaan internet sebagai media belajar dan kemandirian belajar siswa kelas X IIS MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Populasi dalam penelitian berjumlah 112 siswa yang terdiri dari kelasX IIS 1, X IIS 2, dan X IIS 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Penentuan jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yang diambil, sehingga sampel penelitian ini berjumlah 112. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu Y = 80,528 + 0,178X1 + 0,157 X2 + e , berarti ada pengaruh positif antara variabel penggunaan internet sebagai media belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Pengujian secara parsial (uji t) untuk uji hipotesis antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap hasil belajar siswa menunjukkan nilai thitung 03,186 > ttabel sebesar 1,982 dengan sig 0,003 , untuk uji hipotesis antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa menunjukkan nilai thitung 2,013 > ttabel 1,982 dengan sig 0,047. Secara simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung > Ftabel ( 5,646 > 3,80) dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar (X1), Kemandirian Belajar (X2) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y) Siswa Kelas X IIS MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Ekonomi. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2024 05:12 |
Last Modified: | 12 May 2024 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56576 |