BATU BARA, MEIFRILIANTI (2023) PENGARUH PENGUASAAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KESIAPAN MENJADI CALON GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144002_Cover.pdf
Download (318kB)
7193144002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (285kB)
7193144002_Kata_Pengantar.pdf
Download (853kB)
7193144002_Abstrak.pdf
Download (465kB)
7193144002_Daftar_Isi.pdf
Download (360kB)
7193144002_Daftar_Tabel.pdf
Download (323kB)
7193144002_Daftar_Gambar.pdf
Download (284kB)
7193144002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (281kB)
7193144002_BAB_I.pdf
Download (967kB)
7193144002_BAB_V.pdf
Download (874kB)
7193144002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (485kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan masih adanya mahasiswa yang kurang siap dan tidak siap menjadi seorang calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dan Adversity Quotient terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi UNIMED. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2019 sebanyak 59 mahasiswa dengan sampel menggunakan teknik sensus sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan, persamaan regresi linear berganda Y = 22,486 + 0,276X1 + 0,365X2. Analisis data uji-t menyatakan bahwa Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru dilihat dari nilai thitung > ttabel (5,386 > 2,003) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dan Adversity Quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru dilihat dari thitung > ttabel (3,943 > 2,003) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Analisis data uji F menyatakan Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dan Adversity Quotient secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (44,797 > 3,16) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian, untuk koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,615 atau mempunyai kontribusi sebesar 61,5 % terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa antara Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dan Adversity Quotient mempunyai pengaruh positif dan signifikan serta berkontribusi baik itu secara sendirian ataupun bersamaan terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK), Adversity Quotient, Kesiapan Menjadi Calon Guru |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2024 04:56 |
Last Modified: | 12 May 2024 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56571 |