PENGARUH PENGUASAAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KESIAPAN MENJADI CALON GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIMED

BATU BARA, MEIFRILIANTI (2023) PENGARUH PENGUASAAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KESIAPAN MENJADI CALON GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2019 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193144002_Cover.pdf] Text
7193144002_Cover.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 7193144002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193144002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 7193144002_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193144002_Kata_Pengantar.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of 7193144002_Abstrak.pdf] Text
7193144002_Abstrak.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 7193144002_Daftar_Isi.pdf] Text
7193144002_Daftar_Isi.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 7193144002_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193144002_Daftar_Tabel.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 7193144002_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193144002_Daftar_Gambar.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 7193144002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193144002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 7193144002_BAB_I.pdf] Text
7193144002_BAB_I.pdf

Download (967kB)
[thumbnail of 7193144002_BAB_V.pdf] Text
7193144002_BAB_V.pdf

Download (874kB)
[thumbnail of 7193144002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193144002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (485kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan masih adanya mahasiswa yang kurang siap dan tidak siap menjadi seorang calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dan Adversity Quotient terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi UNIMED. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2019 sebanyak 59 mahasiswa dengan sampel menggunakan teknik sensus sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan uji koefisien determinasi (R2). Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan, persamaan regresi linear berganda Y = 22,486 + 0,276X1 + 0,365X2. Analisis data uji-t menyatakan bahwa Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru dilihat dari nilai thitung > ttabel (5,386 > 2,003) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) dan Adversity Quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru dilihat dari thitung > ttabel (3,943 > 2,003) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Analisis data uji F menyatakan Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dan Adversity Quotient secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (44,797 > 3,16) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian, untuk koefisien determinasi memperoleh nilai R Square sebesar 0,615 atau mempunyai kontribusi sebesar 61,5 % terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa antara Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dan Adversity Quotient mempunyai pengaruh positif dan signifikan serta berkontribusi baik itu secara sendirian ataupun bersamaan terhadap Kesiapan Menjadi Calon Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penguasaan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK), Adversity Quotient, Kesiapan Menjadi Calon Guru
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 May 2024 04:56
Last Modified: 12 May 2024 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56571

Actions (login required)

View Item
View Item