BR SINURAYA, MEGA LESTARI (2023) PENGARUH KESADARAN DIRI, EMPATI DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192441008_Cover.pdf
Download (63kB)
7192441008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (225kB)
7192441008_Kata_Pengantar.pdf
Download (120kB)
7192441008_Abstrak.pdf
Download (129kB)
7192441008_Daftar_Isi.pdf
Download (154kB)
7192441008_Daftar_Tabel.pdf
Download (190kB)
7192441008_Daftar_Gambar.pdf
Download (97kB)
7192441008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (98kB)
7192441008_BAB_I.pdf
Download (619kB)
7192441008_BAB_V.pdf
Download (148kB)
7192441008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (243kB)
Abstract
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 55,835 + 0,188 X1 + 0,281 X2 + 0,240 X3. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kesadaran diri (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila (X1) kesadaran diri mengalami kenaikan, maka prestasi belajar ekonomi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien empati (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila koefisien empati (X2) mengalami kenaikan, prestasi belajar ekonomi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Hal ini juga berlaku untuk motivasi diri (b3) yang bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila koefisien motivasi diri (X3) mengalami kenaikan, prestasi belajar ekonomi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran diri terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 2,308>1,964 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Hasil implementasi empati juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 3,574>1,964 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Terdapat juga pengaruh yang signifikan antara motivasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 3,407 >1,964 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Selanjutnya kesadaran diri, empati dan motivasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung sebesarn 46,056 > 2,70 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Dengan besarnya pengaruh ketiga variabel bebas tersebut adalah 59%, sedangkan 41% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | prestasi belajar ekonomi, kesadaran diri, empati, dan motivasi diri |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2024 04:50 |
Last Modified: | 12 May 2024 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56570 |