PENGARUH KESADARAN DIRI, EMPATI DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET

BR SINURAYA, MEGA LESTARI (2023) PENGARUH KESADARAN DIRI, EMPATI DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7192441008_Cover.pdf] Text
7192441008_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 7192441008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7192441008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 7192441008_Kata_Pengantar.pdf] Text
7192441008_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 7192441008_Abstrak.pdf] Text
7192441008_Abstrak.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 7192441008_Daftar_Isi.pdf] Text
7192441008_Daftar_Isi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 7192441008_Daftar_Tabel.pdf] Text
7192441008_Daftar_Tabel.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 7192441008_Daftar_Gambar.pdf] Text
7192441008_Daftar_Gambar.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 7192441008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7192441008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 7192441008_BAB_I.pdf] Text
7192441008_BAB_I.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of 7192441008_BAB_V.pdf] Text
7192441008_BAB_V.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7192441008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7192441008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (243kB)

Abstract

Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 55,835 + 0,188 X1 + 0,281 X2 + 0,240 X3. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kesadaran diri (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila (X1) kesadaran diri mengalami kenaikan, maka prestasi belajar ekonomi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien empati (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila koefisien empati (X2) mengalami kenaikan, prestasi belajar ekonomi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Hal ini juga berlaku untuk motivasi diri (b3) yang bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila koefisien motivasi diri (X3) mengalami kenaikan, prestasi belajar ekonomi (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran diri terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 2,308>1,964 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Hasil implementasi empati juga berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 3,574>1,964 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Terdapat juga pengaruh yang signifikan antara motivasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 3,407 >1,964 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Selanjutnya kesadaran diri, empati dan motivasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung sebesarn 46,056 > 2,70 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Dengan besarnya pengaruh ketiga variabel bebas tersebut adalah 59%, sedangkan 41% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: prestasi belajar ekonomi, kesadaran diri, empati, dan motivasi diri
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 May 2024 04:50
Last Modified: 12 May 2024 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56570

Actions (login required)

View Item
View Item