ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Lumban Toruan, Meidy Adelina (2023) ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4163312017_Cover.pdf] Text
4163312017_Cover.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 4163312017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4163312017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4163312017_Abstrak.pdf] Text
4163312017_Abstrak.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 4163312017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4163312017_Kata_Pengantar.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 4163312017_Daftar_Isi.pdf] Text
4163312017_Daftar_Isi.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 4163312017_Daftar_Tabel.pdf] Text
4163312017_Daftar_Tabel.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4163312017_Daftar_Gambar.pdf] Text
4163312017_Daftar_Gambar.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 4163312017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4163312017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4163312017_BAB_I.pdf] Text
4163312017_BAB_I.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 4163312017_BAB_V.pdf] Text
4163312017_BAB_V.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4163312017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4163312017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model blended learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian Belajar Siswa, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemadiriab belajar siswa (3) kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran blended learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kumpulan literatur seperti skripsi dan jurnal yang relevan dengan topik pembahasan yaitu Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika danKemandirian Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Model Blended Learning mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan perhitungan effect size secara keseluruhan menghasilkan rata-rata effect size sebesar 1,56 dimana angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi dan Model Blended Learning mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan perhitungan effect size secara keseluruhan yang menghasilkan rata-rata effect size sebesar 1,56 dimana angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi dan Model Blended Learning memiliki pengaruh yang besar terhadap kemandirian belajar siswa berdasarkan perhitungan effect size secara keseluruhan menghasilkan rata-rata effect size sebesar 1,73 2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa yang diajarkan melalui model blended learning. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai N-Gain dan indikator pada kelas eksperimen secara umum lebih baik dibandingkan kelas kontrol. 3) Berdasarkan analisis terdapat kelebihan dan kekurangan blended learning. diperoleh keunggulan model blended learning sebagai berikut: (a) Pembelajaran lebih efektif dan efisien, (b) Meningkatkan aksesibilitas. dengan blended learning peserta pembelajaran lebih mudah dalam mengakses materi pembelajaran. Dan kelemahan blended learning adalah belum meratanya fasilitas yang dimiliki siswa, seperti komputer dan akses internet. Meskipun blended learning memerlukan akses internet yang memadai, namun jika jaringan tidak memadai akan menyulitkan siswa untuk mengikuti pembelajaran mandiri melalui daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended Learning, Kemampuan Belajar Siswa, Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 May 2024 04:12
Last Modified: 12 May 2024 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56559

Actions (login required)

View Item
View Item