JASMINE, MAHRANI KAMELIA (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTSN 2 LABUHANBATU TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191141003_Cover.pdf
Download (138kB)
7191141003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (459kB)
7191141003_Kata_Pengantar.pdf
Download (350kB)
7191141003_Abstrak.pdf
Download (272kB)
7191141003_Daftar_Isi.pdf
Download (171kB)
7191141003_Daftar_Tabel.pdf
Download (158kB)
7191141003_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
7191141003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
7191141003_BAB_I.pdf
Download (652kB)
7191141003_BAB_V.pdf
Download (338kB)
7191141003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (327kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya prestasi belajar siswa yang penyebabnya adalah kurang optimalnya pola asuh dari orang tua dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja dan juga karena orang tua yang menyerahkan urusan pendidikan anaknya kepada pihak sekolah sehingga orang tua kurang tahu bagaimana prestasi belajar anak, dan masih banyak siswa yang masih belum menemukan gaya belajar yang sesuai dengan diri mereka sendiri sehingga mereka jadi sulit menangkap pembelajaran yang disampaikan oleh guru yang membuat prestasi belajar mereka menjadi kurang memuaskan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 2 Labuhanbatu. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu teknik total sampling, dengan sampel yang berjumlah 124 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dalam bentuk skala likert, observasi dan juga dokumentasi.
Hasil data yang menunjukkan persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu Y = 68,630 + 0,209X1 + 0,140X2 + e, berarti terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian secara parsial (uji t) untuk uji hipotesis antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,218 > 1,657) dengan nilai sig 0,028 < 0,05, lalu untuk uji hipotesis antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa didapatkan nilai thitung > ttabel (1,995 > 1,657) dengan nilai sig 0,048 < 0,05. Dan secara simultan (uji f) didapatkan nilai fhitung > ftabel (3,764 > 3,07) dengan nilai sig 0,026 < 0,05. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel Pola Asuh Orang Tua (X1) dan Gaya Belajar Siswa (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa (Y) Kelas VIII MTsN 2 Labuhanbatu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 May 2024 04:01 |
Last Modified: | 12 May 2024 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56557 |