Tambunan, Mayana Angelita (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311018_Cover.pdf
Download (60kB)
4193311018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (495kB)
4193311018_Abstrak.pdf
Download (179kB)
4193311018_Kata_Pengantar.pdf
Download (329kB)
4193311018_Daftar_Isi.pdf
Download (319kB)
4193311018_Daftar_Tabel.pdf
Download (78kB)
4193311018_Daftar_Gambar.pdf
Download (73kB)
4193311018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (94kB)
4193311018_BAB_I.pdf
Download (549kB)
4193311018_BAB_V.pdf
Download (166kB)
4193311018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (194kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif sehingga meningkatkan kemampuan siswa SMA kelas X dalam komunikasi matematik pada materi system persamaan linear tiga variabel. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi bahan ajar matematika, tes kemampuan komunikasi matematik (pre-test dan post- test), dan lembar validasi instrumen tes. Setelah instrumen dan bahan ajar matematika dinyatakan valid oleh dosen validator ahli materi dan media, kemudian dilanjutkan uji coba lapangan. Penjelasan temuan penelitian, yaitu: (1) Bahan ajar matematika yang dikembangkan memenuhi persyaratan kevalidan dari validator ahli media dengan rata-rata 4,6 dan ahli materi dengan rata-rata 4,76 berada pada kategori sangat valid, (2) Bahan ajar matematika yang dikembangkan memenuhi persyaratan kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru berada pada kategori rentang 81% - 100 % berada pada kategori sangat praktis, (3) Bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara individual dengan jumlah 24 siswa yang lulus, (b) hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase sebesar 88,8%, (c) kemampuan penguasan komunikasi matematik siswa sebelum menggunakan bahan ajar (pre-test) sebesar 59% kategori rendah, setelah menggunakan bahan ajar (post-test) sebesar 83% meningkat pada kategori tinggi, (d) Analisis N-gain menunjukan peningkatan kemampuan kemampuan komunikasi matematik siswa sebesar 0,61 berada pada kategori sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar, Kemampuan Komunikasi Matematik, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 11 May 2024 06:11 |
Last Modified: | 11 May 2024 06:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56531 |