ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA

Asmara, Lia (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192421018_Cover.pdf] Text
4192421018_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4192421018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192421018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4192421018_Abstrak.pdf] Text
4192421018_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4192421018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192421018_Kata_Pengantar.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 4192421018_Daftar_Isi.pdf] Text
4192421018_Daftar_Isi.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 4192421018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192421018_Daftar_Tabel.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4192421018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192421018_Daftar_Gambar.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4192421018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192421018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4192421018_BAB_I.pdf] Text
4192421018_BAB_I.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4192421018_BAB_V.pdf] Text
4192421018_BAB_V.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4192421018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192421018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (185kB)

Abstract

Berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa untuk mengahadapi dan menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi. Pada penelitian ini menggunakan indikator berpikir kritis menurut Facione, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, penjelasan dan regulasi diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 2 Tanjung Morawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan tringulasi data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah data direduksi didapatkan subjek penelitian adalah 3 orang siswa yang terdiri dari siswa dengan berpikir kritis tinggi, sedang dan rendah. Hasil analisis data menunjukkan presentase ketercapaian setiap indicator kemampuan berpikir kritis yaitu indikator interpretasi sebesar 67%, indicator analisis sebesar 42%, indikator evaluasi sebesar 53%, indikator inferensi sebesar 45%, indikator penjelasan sebesar 41% dan indikator regulasi diri sebesar 38%. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori rendah sebesar 47.6%. Sehingga disarakan kepada guru untuk melatih dan membimbing siswa secara intens agar kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 11 May 2024 05:30
Last Modified: 11 May 2024 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56526

Actions (login required)

View Item
View Item