ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIPA SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Simaremare, Ledy Thresia (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIPA SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182141028_Cover.pdf] Text
4182141028_Cover.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4182141028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182141028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of 4182141028_Abstrak.pdf] Text
4182141028_Abstrak.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 4182141028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182141028_Kata_Pengantar.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of 4182141028_Daftar_Isi.pdf] Text
4182141028_Daftar_Isi.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 4182141028_Daftar_Tabel.pdf] Text
4182141028_Daftar_Tabel.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4182141028_Daftar_Gambar.pdf] Text
4182141028_Daftar_Gambar.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4182141028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4182141028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 4182141028_BAB_I.pdf] Text
4182141028_BAB_I.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of 4182141028_BAB_V.pdf] Text
4182141028_BAB_V.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4182141028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182141028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA SMA Swasta PAB 8 Saentis pada materi Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Swasta PAB 8 Saentis tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan instrument test berupa soal essay. Soal yang digunakan dalam pengumpulan data dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis menurut ennis (2011) meliputi indikator memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut, mengatur strategi dan taktik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata yaitu 53,33. Untuk setiap indikator berpikir kritis adalah sebagai berikut: indikator memberikan penjelasan sederhana dengan nilai rata-rata 58,14 termasuk dalam kategori rendah, indikator membangun keterampilan dasar dengan nilai rata-rata 64,82 termasuk kategori sedang, indikator menyimpulkan dengan nilai rata-rata 52,68 termasuk pada kategori sedang, memberikan penjelasan lebih lanjut dengan nilai rata-rata 53,21 termasuk dalam kategori rendah, indikator mengatur strategi dan taktik dengan nilai rata-rata 70,36 termasuk kategori sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Berpikir kritis; Materi keanekaragaman hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 10 May 2024 11:21
Last Modified: 10 May 2024 11:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56520

Actions (login required)

View Item
View Item