Suja, Lailu (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193121015_Cover.pdf
Download (36kB)
4193121015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (438kB)
4193121015_Abstrak.pdf
Download (255kB)
4193121015_Kata_Pengantar.pdf
Download (488kB)
4193121015_Daftar_Isi.pdf
Download (282kB)
4193121015_Daftar_Tabel.pdf
Download (253kB)
4193121015_Daftar_Gambar.pdf
Download (227kB)
4193121015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (228kB)
4193121015_BAB_I.pdf
Download (363kB)
4193121015_BAB_V.pdf
Download (371kB)
4193121015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis HOTS dalam mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMAS Dharmawangsa Medan yang telah memenuhi kriteria pengujian kelayakan instrumen meliputi validitas isi, validitas butir soal, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan uji respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMAS Dharmawangsa Medan dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA yang telah mempelajari materi elastisitas dan hukum hooke. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 10 soal yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan layak digunakan yang diperoleh dari uji validitas isi berdasarkan indeks V Aiken dan uji validitas butir soal. Uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,7912 dengan kategori reliabilitas tinggi. Tingkat kesukaran diperoleh nilai dengan rentang 0,513-0,808 dengan kriteria 2 butir soal dinyatakan mudah dan 8 butir soal dinyatakan sedang. Uji daya beda memperoleh nilai dengan rentang 0,227-0,606 dengan kriteria 7 butir soal dinyatakan baik dan 3 butir soal dinyatakan cukup. Uji respon siswa diperoleh persentase sebesar 80,1% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan adalah instrumen tes berbasis HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Instrumen Tes, Keterampilan Berpikir Kritis, ADDIE, Elastisitas dan Hukum Hooke |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 May 2024 10:59 |
Last Modified: | 10 May 2024 10:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56518 |