Sihotang, Lamramawati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192431010_Cover.pdf
Download (68kB)
4192431010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
4192431010_Abstrak.pdf
Download (85kB)
4192431010_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
4192431010_Daftar_Isi.pdf
Download (82kB)
4192431010_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
4192431010_Daftar_Gambar.pdf
Download (52kB)
4192431010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
4192431010_BAB_I.pdf
Download (314kB)
4192431010_BAB_V.pdf
Download (133kB)
4192431010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (370kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Probìem Based Learning (PBL) berbantuan media Lectora Inspire terhadap hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan berplkir tingkat tinggi siswa_ Populasl penelitian ini adalah selumh siswa kelas X IPA SMAN 15 Medan berjumlah 9 kelas_ Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas_ Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran PBL berbantuan Lectora Inspire sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction berbantuan Powerpoint. Instrumen adalah instmmen tes berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal dan instmmen nontes berupa angket motivasi belajar berjumlah 30 pertanyaan_ Data dianalisis dengarl uji t pihak karlan dengan taraf slgnifikans 0:05 dan uji korelasi_ Data kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa dianalisis dengan uji-t setelah terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data sebagai prasyarat uji-t. Hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan uji korelasi_ Hasil uji-t kemampuan berpiklr tingkat tinggi diperoleh tlutmg>ttabel (334>1:667) yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL berbantuan media Lectora Inspire berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa_ Hasil uji t motivasi belajar diperoleh t > t tabel yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model PBL berbantuan media Lectora Inspire berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa_ Hasil uji korelasi diperoleh r hitung > r tabel (0:7179 > 0:329) yang menunjukan bahwa motivasi belajar siswa berkorelasi positif dan signifikan dengan kemampuan berpiklr tingkat tinggi siswa pada penerapan model PBL berbantuan media Lectora Inspire
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model PBL: Lectora Inspire: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 May 2024 11:05 |
Last Modified: | 10 May 2024 11:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56517 |