PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMP NEGERI 7 MEDAN T.P 2022/2023

Sapariah, Laila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMP NEGERI 7 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193351024_Cover.pdf] Text
4193351024_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4193351024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193351024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4193351024_Abstrak.pdf] Text
4193351024_Abstrak.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4193351024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193351024_Kata_Pengantar.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4193351024_Daftar_Isi.pdf] Text
4193351024_Daftar_Isi.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4193351024_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193351024_Daftar_Tabel.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4193351024_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193351024_Daftar_Gambar.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 4193351024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193351024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4193351024_BAB_I.pdf] Text
4193351024_BAB_I.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 4193351024_BAB_V.pdf] Text
4193351024_BAB_V.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4193351024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193351024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi sistem ekskresi manusia di SMP Negeri 7 Medan T.P 2022/2023. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu Quasi experiment dengan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining dan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional yang dapat dibuktikan dengan selisih nilai rata-rata hasil belajar dalam pembelajaran materi sistem ekskresi manusia dikelas VIII yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional 73,88 > 63.83. Hal ini diketahui dari uji t hasil belajar siswa dengan sig 0,000<0,005. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kels VIII di SMP Negeri 7 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Student Fasilitator and Explaining; Pengaruh hasil belajar; Sistem Ekskresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 10 May 2024 10:42
Last Modified: 10 May 2024 10:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56515

Actions (login required)

View Item
View Item