PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS LINGKUNGAN ALAM DI SEKOLAH PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMAN 15 MEDAN T.P 2022/2023

Panjaitan, Krisdayanti (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS LINGKUNGAN ALAM DI SEKOLAH PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMAN 15 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192441002_Cover.pdf] Text
4192441002_Cover.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4192441002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192441002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 4192441002_Abstrak.pdf] Text
4192441002_Abstrak.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of 4192441002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192441002_Kata_Pengantar.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4192441002_Daftar_Isi.pdf] Text
4192441002_Daftar_Isi.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4192441002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192441002_Daftar_Tabel.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4192441002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192441002_Daftar_Gambar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4192441002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192441002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4192441002_BAB_I.pdf] Text
4192441002_BAB_I.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of 4192441002_BAB_V.pdf] Text
4192441002_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4192441002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192441002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan Student Teams Achievement Division berbasis lingkungan alam di sekolah pada materi ekosistem di kelas X SMAN 15 Medan T.P. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental). Penelitian ini ada dua kelompok sampel diambil dari populasi secara cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas eksperimen yaitu kelas X IPA 3 dengan model Think Pair Share dan X IPA 4 dengan model Student Teams Achievement Division yang masing-masing berjumlah 36 orang peserta didik dengan total sebanyak 72 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal. Pada penelitian ini didapatkan hasil rata-rata nilai pretest kelas eksperimen I dan II adalah 54,26 dan 51,57. Nilai postest yang diperoleh dari kelas eksperimen I dan II adalah 90,37 dan 87,40. Rata-rata nilai pretest dan postest dilakukan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 0,05 diketahui bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama (homogen). Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan = 0,05, dimana thit > ttabel (2,418 > 1,994), yang berarti ada perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dengan Student Teams Achievement Division pada materi pokok ekosistem di kelas X SMAN 15 Medan T.P 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar, Think Pair Share, Student Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 10 May 2024 10:24
Last Modified: 10 May 2024 10:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56512

Actions (login required)

View Item
View Item