Panjaitan, Krisdayanti (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS LINGKUNGAN ALAM DI SEKOLAH PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA SMAN 15 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192441002_Cover.pdf
Download (124kB)
4192441002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (292kB)
4192441002_Abstrak.pdf
Download (479kB)
4192441002_Kata_Pengantar.pdf
Download (258kB)
4192441002_Daftar_Isi.pdf
Download (227kB)
4192441002_Daftar_Tabel.pdf
Download (139kB)
4192441002_Daftar_Gambar.pdf
Download (123kB)
4192441002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (217kB)
4192441002_BAB_I.pdf
Download (575kB)
4192441002_BAB_V.pdf
Download (116kB)
4192441002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan Student Teams Achievement Division berbasis lingkungan alam di sekolah pada materi ekosistem di kelas X SMAN 15 Medan T.P. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental). Penelitian ini ada dua kelompok sampel diambil dari populasi secara cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas eksperimen yaitu kelas X IPA 3 dengan model Think Pair Share dan X IPA 4 dengan model Student Teams Achievement Division yang masing-masing berjumlah 36 orang peserta didik dengan total sebanyak 72 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal. Pada penelitian ini didapatkan hasil rata-rata nilai pretest kelas eksperimen I dan II adalah 54,26 dan 51,57. Nilai postest yang diperoleh dari kelas eksperimen I dan II adalah 90,37 dan 87,40. Rata-rata nilai pretest dan postest dilakukan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 0,05 diketahui bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama (homogen). Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan = 0,05, dimana thit > ttabel (2,418 > 1,994), yang berarti ada perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share dengan Student Teams Achievement Division pada materi pokok ekosistem di kelas X SMAN 15 Medan T.P 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar, Think Pair Share, Student Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 May 2024 10:24 |
Last Modified: | 10 May 2024 10:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56512 |