Pribadi, Koko (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMAN 2 KOTAPINANG TP. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4181141016_Cover.pdf
Download (92kB)
4181141016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (375kB)
4181141016_Abstrak.pdf
Download (144kB)
4181141016_Kata_Pengantar.pdf
Download (720kB)
4181141016_Daftar_Isi.pdf
Download (91kB)
4181141016_Daftar_Tabel.pdf
Download (54kB)
4181141016_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
4181141016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (54kB)
4181141016_BAB_I.pdf
Download (302kB)
4181141016_BAB_V.pdf
Download (57kB)
4181141016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (114kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning pada Materi Fungi di Kelas X SMAN 2 Kota Pinang TP. 2022/2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 (kelas eksperimen I) sebanyak 36 siswa menggunakan metode Luring dan kelas X IPA 2 (kelas eksperimen II) sebanyak 36 siswa menggunakan metode Luring. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning dan kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan Model Project Based Learning. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam. Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 76,94 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung sebesar 82,63. Adapun perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning sebesar 16,37 %. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan (α = 0,05), dimana thitung<ttabel yaitu -1,850 < 1,667, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung berada dalam daerah kritis tidak terpenuhi. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning pada Materi Fungi di kelas X SMAN 2 KotaPinang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Project Based Learning, Fungi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 08 May 2024 08:01 |
Last Modified: | 08 May 2024 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56503 |