PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMAN 2 KOTAPINANG TP. 2022/2023

Pribadi, Koko (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMAN 2 KOTAPINANG TP. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181141016_Cover.pdf] Text
4181141016_Cover.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4181141016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181141016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4181141016_Abstrak.pdf] Text
4181141016_Abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4181141016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181141016_Kata_Pengantar.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of 4181141016_Daftar_Isi.pdf] Text
4181141016_Daftar_Isi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4181141016_Daftar_Tabel.pdf] Text
4181141016_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4181141016_Daftar_Gambar.pdf] Text
4181141016_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4181141016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4181141016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4181141016_BAB_I.pdf] Text
4181141016_BAB_I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4181141016_BAB_V.pdf] Text
4181141016_BAB_V.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4181141016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181141016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning pada Materi Fungi di Kelas X SMAN 2 Kota Pinang TP. 2022/2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 (kelas eksperimen I) sebanyak 36 siswa menggunakan metode Luring dan kelas X IPA 2 (kelas eksperimen II) sebanyak 36 siswa menggunakan metode Luring. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning dan kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan Model Project Based Learning. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam. Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 76,94 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung sebesar 82,63. Adapun perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning sebesar 16,37 %. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan (α = 0,05), dimana thitung<ttabel yaitu -1,850 < 1,667, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung berada dalam daerah kritis tidak terpenuhi. Artinya, Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning pada Materi Fungi di kelas X SMAN 2 KotaPinang Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Project Based Learning, Fungi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 May 2024 08:01
Last Modified: 08 May 2024 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56503

Actions (login required)

View Item
View Item