Maulidza, Rahmi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGBERBANTUAN e-LKPDTERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191131006_Cover.pdf
Download (209kB)
4191131006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (244kB)
4191131006_Abstrak.pdf
Download (198kB)
4191131006_Kata_Pengantar.pdf
Download (933kB)
4191131006_Daftar_Isi.pdf
Download (333kB)
4191131006_Daftar_Gambar.pdf
Download (195kB)
4191131006_Daftar_Tabel.pdf
Download (197kB)
4191131006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (304kB)
4191131006_BAB_I.pdf
Download (398kB)
4191131006_BAB_V.pdf
Download (147kB)
4191131006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (378kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual
Teaching Learning berbantuan e-LKPD terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.
Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu eksperimen menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan e-LKPD sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 dan angket motivasi belajar, kemudian hasil belajar afektif dan kognitif digunakan rubrik
penilaian. Data dianalisis dengan uji-t pihak kanan dan uji korelasi. Data motivasi
belajar siswa dianalisis dengan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05
setelah terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data sebagai prasyarat uji-t. Uji korelasi untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan hasil
belajar. Hasil uji-t nilai kognitif diperoleh thitung > ttabel (3,401 > 1,668) yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar siswa materi asam basa. Hasil uji-t motivasi belajar diperoleh thitung >
ttabel (2,191 > 1,668) yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti
terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
berbantuan e-LKPD terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil korelasi
diperoleh thitung > ttabel (0,495 > 0,339) menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa
berkorelasi positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan
model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan e-LKPD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motovasi dan hasil belajar; Peserta didik; Hasil peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 07:20 |
Last Modified: | 08 May 2024 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56496 |