Pangestu, Parah Galu (2023) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311032_Cover.pdf
Download (179kB)
4193311032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4193311032_Abstrak.pdf
Download (255kB)
4193311032_Kata_Pengantar.pdf
Download (348kB)
4193311032_Daftar_Isi.pdf
Download (231kB)
4193311032_Daftar_Gambar.pdf
Download (173kB)
4193311032_Daftar_Tabel.pdf
Download (174kB)
4193311032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (308kB)
4193311032_BAB_I.pdf
Download (555kB)
4193311032_BAB_V.pdf
Download (311kB)
4193311032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (451kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan LKPD matematika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau per indikatornya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), dan Evaluation (E). Instrumen penilaian yang dipakai merupakan lembar angket untuk uji kelayakan dari produk LKPD matematika berbasis STEM. Penilaian kelayakan bahan ajar dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Untuk memperoleh kepraktisan bahan ajar dilakukan dengan memberikan angket respon kepada seorang guru matematika dan 25 siswa dari kelas VIII di SMP Negeri 35 Medan. Untuk mengetahui keefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-tes untuk memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk LKPD matematika berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIII dengan memperoleh kriteria valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,54. Respon dari guru memperoleh kriteria praktis dengan nilai rata-rata 3,81 dan respon siswa dengan nilai rata-rata 3,6. Untuk penilaian keefektifan bahan ajar diperoleh presentase 96% siswa tuntas belajar secara klasikal terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sebagai efektif. Perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,63 yang berada dalam kategori sedang. Dari hasil uji dapat disimpulkan bahwa LKPD matematika berbasis STEM yang dikembangkan sangat layak, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai
vi
perangkat pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap LKPD matematika berbasis STEM yang dikembangkan memperoleh kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,63. Kemudian nilai rata-rata N-Gain yang ditinjau berdasarkan semua indikatornya menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Bangun ruang; Guru matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:39 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56491 |