PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SISWA SMP

ZAI, OKTALENA (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4172111036_Cover.pdf] Text
4172111036_Cover.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4172111036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4172111036_Abstrak.pdf] Text
4172111036_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4172111036_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111036_Kata_Pengantar.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 4172111036_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111036_Daftar_Isi.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4172111036_Daftar_Gambar.pdf] Text
4172111036_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4172111036_Daftar_Tabel.pdf] Text
4172111036_Daftar_Tabel.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4172111036_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4172111036_Daftar_Lampiran.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4172111036_BAB_I.pdf] Text
4172111036_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4172111036_BAB_V.pdf] Text
4172111036_BAB_V.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 4172111036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kualitas perangkat pembelajaran (Validitas, kepraktisan dan keefektivan) perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mthematic Education yang dikembangkan; dan (2) Peningkatan kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mthematic Education yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian ini Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Uji coba dilakukan pada siswa kelas IX di SMP Gajah Mada Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid, Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu validator menyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan revisi kecil dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu ketuntasan belajar siswa secara klasikal, aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan, dan respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; dan (2) Peningkatan kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; Matematika realistik; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 May 2024 04:04
Last Modified: 08 May 2024 04:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56487

Actions (login required)

View Item
View Item