ZAI, OKTALENA (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4172111036_Cover.pdf
Download (255kB)
4172111036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4172111036_Abstrak.pdf
Download (277kB)
4172111036_Kata_Pengantar.pdf
Download (494kB)
4172111036_Daftar_Isi.pdf
Download (287kB)
4172111036_Daftar_Gambar.pdf
Download (248kB)
4172111036_Daftar_Tabel.pdf
Download (275kB)
4172111036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (248kB)
4172111036_BAB_I.pdf
Download (1MB)
4172111036_BAB_V.pdf
Download (400kB)
4172111036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (573kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kualitas perangkat pembelajaran (Validitas, kepraktisan dan keefektivan) perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mthematic Education yang dikembangkan; dan (2) Peningkatan kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Mthematic Education yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian ini Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Uji coba dilakukan pada siswa kelas IX di SMP Gajah Mada Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) Validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid, Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu validator menyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan revisi kecil dan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu ketuntasan belajar siswa secara klasikal, aktivitas aktif siswa dalam batas toleransi yang telah ditetapkan, dan respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; dan (2) Peningkatan kemampuan visual thinking siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan matematika realistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Matematika realistik; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:04 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56487 |