PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 11 MEDAN

Izza, Nurul (2023) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111038_Cover.pdf] Text
4191111038_Cover.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4191111038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 4191111038_Abstrak.pdf] Text
4191111038_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4191111038_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111038_Kata_Pengantar.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of 4191111038_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111038_Daftar_Isi.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 4191111038_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111038_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4191111038_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111038_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4191111038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4191111038_BAB_I.pdf] Text
4191111038_BAB_I.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 4191111038_BAB_V.pdf] Text
4191111038_BAB_V.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4191111038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan Scientific terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X IPA di SMA Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 10 kelas yaitu 360 siswa. Dari 10 kelas secara acak, maka terpilih kelas X IPA 6 kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan Scientific dan kelas X IPA 7 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa posttest dalam bentuk uraian, dimana terdiri dari 5 soal yang sudah divalidkan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Kolmogrov Smirnov dan homogenitas tes yang menggunakan test homogenity of variance. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa data dalam penelitian kedua sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, dan homogen dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakukan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan pendekatan Scientific diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,17 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,17. Untuk uji hipotesis digunakan uji-t, dari hasil perhitungan, maka diperoleh Thitung 13,064 dan Ttabel 1,669 tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka tolak H0 dan terima Ha . Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang lebih besar dan signifikan dari pendekatan Scientific terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kemudian diperoleh nilai R square sebesar 0,684 artinya pendekatan Scientific berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X IPA Di SMA Negeri 11 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penalaran matematis siswa; Kemampuan siswa; Uji normalitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 08 May 2024 02:40
Last Modified: 08 May 2024 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56482

Actions (login required)

View Item
View Item