Izza, Nurul (2023) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111038_Cover.pdf
Download (231kB)
4191111038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (583kB)
4191111038_Abstrak.pdf
Download (242kB)
4191111038_Kata_Pengantar.pdf
Download (570kB)
4191111038_Daftar_Isi.pdf
Download (611kB)
4191111038_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
4191111038_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
4191111038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (215kB)
4191111038_BAB_I.pdf
Download (663kB)
4191111038_BAB_V.pdf
Download (214kB)
4191111038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (436kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan Scientific terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X IPA di SMA Negeri 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 10 kelas yaitu 360 siswa. Dari 10 kelas secara acak, maka terpilih kelas X IPA 6 kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan Scientific dan kelas X IPA 7 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa posttest dalam bentuk uraian, dimana terdiri dari 5 soal yang sudah divalidkan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 20. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Kolmogrov Smirnov dan homogenitas tes yang menggunakan test homogenity of variance. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa data dalam penelitian kedua sampel berasal dari populasi berdistribusi normal, dan homogen dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakukan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan pendekatan Scientific diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,17 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,17. Untuk uji hipotesis digunakan uji-t, dari hasil perhitungan, maka diperoleh Thitung 13,064 dan Ttabel 1,669 tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka tolak H0 dan terima Ha . Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang lebih besar dan signifikan dari pendekatan Scientific terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kemudian diperoleh nilai R square sebesar 0,684 artinya pendekatan Scientific berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X IPA Di SMA Negeri 11 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penalaran matematis siswa; Kemampuan siswa; Uji normalitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 02:40 |
Last Modified: | 08 May 2024 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56482 |