Fidiah, Nurul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 BINJAI LANGKAT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111023_Cover.pdf
Download (228kB)
4191111023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (550kB)
4191111023_Abstrak.pdf
Download (606kB)
4191111023_Kata_Pengantar.pdf
Download (474kB)
4191111023_Daftar_Isi.pdf
Download (567kB)
4191111023_Daftar_Gambar.pdf
Download (462kB)
4191111023_Daftar_Tabel.pdf
Download (344kB)
4191111023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (317kB)
4191111023_BAB_I.pdf
Download (915kB)
4191111023_BAB_V.pdf
Download (652kB)
4191111023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (436kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan media interaktif pada pembelajaran matematika berbantuan Geogebra dengan pendekatan STEM serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui media interaktif pada pembelajaran matematika berbantuan Geogebra dengan pendekatan STEM. Penelitian dan pengembangan ini di desain dengan mengacu pada tahapan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Adapun pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan STEM (Science, Technology, Enginering, and Mathematic). Produk yang dikembangkan berupa media interaktif berbantuan geogebra pada materi lingkaran, subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Binjai Langkat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian dosen ahli ditinjau berdasarkan isi media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 93,05% dengan kriteria “sangat valid”. Kemudian ditinjau berdasarkan konstruk media mendapatkan rata-rata presentase sebesar 95,83% dengan kriteria “sangat valid”. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon siswa pada uji kelompok kecil mendapat persentase 89,13% dan uji lapangan mendapat presentase sebesar 89,24%, kemudian berdasarkan respon guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 92,50% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran matematika interaktif sebesar 87,50%, presentase ketercapaian tujuan pembelajaran sebesar 82,60%, presentase respon positif siswa sebesar 88,89% dikategorikan sangat positif, dan ketercepaian waktu yang dibutuhkan sama dengan pembelajaran seperti biasa dilakukan. (4) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dilihat berdasarkan hasil rata-rata pretest siswa sebesar 56,09 menjadi rata-rata posttest sebesar 81,72. Kemudian didukung oleh hasil perolehan analisis N-Gain yaitu 0,61 yang berada pada interval 0.3 ≤ <g> < 0.7 tergolong “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat maka penggunaan media interaktif pada pembelajaran matematika berbantuan geogebra dengan pendekatan STEM dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media interaktif; Geogebra; Pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 08 May 2024 02:08 |
Last Modified: | 08 May 2024 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56479 |